DPKP Kaltara Kembali Lanjutkan Program Bantuan Alat Pertanian

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Tahun 2024 ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP), kembali menyiapkan program bantuan untuk meningkatkan produktivitas petani dan hasil pertanian Kaltara.

Diungkapkan Kabid Prasarana dan Sarana (PSP) DPKP Provinsi Kaltara, Ramadani pada tahuh 2024 bantuan program pertanian tetap akan dilaksanalan secara normatif dan aktif oleh DPKP Kaltara.

Di mana hal itu, sudah diatur dalam perencanaan program kerja DPKP Kaltara ditahun 2024 ini.

Baca Juga :  DPKP Kaltara Akui Peran Penyuluh Pertanian Sangat Vital bagi Para Petani

“Program bantuannya dan itemnya tetap akan sama seperti tahun lalu, hanya lokasi penerimanya saya yang berbeda. Karena tidak mungkin kelompok tani yang mendapatkan bantuan ditahun lalu, akan mendapatkan bantuan yang sama ditahun ini. Artinya kita bagi secara merata kesemua kelompok tani,” kata Ramadani pada Sabtu, 27 Januari 2024.

Adapun program bantuan yang akan dijalankan oleh DPKP Kaltara pada tahun 2024 ialan meliputi beberapa item seperti bantuan traktor, hand traktor, hand spayer, pembangunan Jalan tani, perpipaan dan lainnya.

Baca Juga :  DPKP Kaltara Akui Peran Penyuluh Pertanian Sangat Vital bagi Para Petani

“Semuanya ini menggunakan APBD murni kita dan masih ada lagi bantuan alat pertanian lainnya. Intinya sama seperti ditahub lalu. Begitu juga dengan pupuk dan bibit pertanian yang sudah kita programkan, insyallah bulan 4 ini sudah berjalan,” terangnya.

Selain itu, Ramdani juga menyebutkan pihaknyan akan kembali melaksanakan Bimtek dan petani lapang milenial. Di mana program ini menjadi salah satu kegiatan andalan DPKP Kaltara dalam upaya menggaet petani baru di Kaltara.

Baca Juga :  DPKP Kaltara Akui Peran Penyuluh Pertanian Sangat Vital bagi Para Petani

“Karena tujuan kita ialah membentuk petani milenial sebagai generasi baru petani, sekaligus menambah jumlah petani di Kaltara agar seimbang dengan rencana perluasan lahan pertanian yang Pemprov Kaltara lakukan,” pungkasnya. (*)

Reporter : Osarade

Editor: Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *