Arus Balik Libur Tahun Baru 2024 di Pelabuhan Tengkayu I Tembus 2.000 Penumpang

benuanta.co.id, TARAKAN – Momen arus balik penumpang mulai terlihat di Pelabuhan Tengkayu I Kota Tarakan. Ribuan penumpang memadati dermaga kedatangan sejak H+5 dan H+6 pasca Natal 2023.

Staf Syahbandar Pembantu Pelabuhan Tarakan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD), Wilayah XVII Kaltim-Kaltara, Sudirman, mengungkapkan arus balik mulai terhitung sejak 30 Desember 2023 lalu. Tercatat ada 48 armada yang melayani keseluruhan trayek di Pelabuhan Tengkayu I.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1941 votes

Pada 30 Desember 2023 lalu, jumlah penumpang yang datang sebanyak 2.235 orang, sementara pada 31 Desember 2023 tercatat ada 2.219 penumpang.

Baca Juga :  Mudik Lebaran Kepolisian Tak Temukan Calo Tiket Pelni

“Puncaknya memang H+5 dan H+6. Karena besok itu sudah normal aktivitas masyarakat seperti masuk kerja,” urainya kepada benuanta.co.id, Senin, (1/1/2024).

Setelah menghadapi puncak arus balik, tepat pada 1 Januari 2024 hanya terdapat 11 armada yang beroperasi. Sehingga disinyalir arus balik tak membludak dibanding dua hari sebelumnya.

Sementara untuk keberangkatan penumpang sendiri mengalami penurunan, tercatat 1.674 penumpang yang berangkat melalui Pelabuhan Tengkayu I pada Ahad, 31 Desember 2023. Angka ini mengalami penurunan dibandingkan arus mudik pada 23 Desember 2023 sebanyak 2.042 penumpang.

Baca Juga :  Arus Balik di Bandara Juwata Tarakan Meningkat dari Tahun Lalu

“Arus balik ini dimulai sejak selesainya Natal kemarin. Untuk besok belum kita prediksi jumlah penumpang yang datang tapi sepertinya sudah menurun,” lanjut Sudirman.

Sama halnya seperti momen arus mudik kemarin, pada arus balik kali ini pihaknya tetap mengedepankan keselamatan dan kenyamanan penumpang selama berlayar. Pihaknya menjamin adanya keamanan setelah dilakukannya ramp check sebelum arus mudik dimulai.

“Ya tetap kita semua perhatikan sebelum keberangkatan juga kita pastikan,” imbuhnya.

Baca Juga :  RSUD JSK: Terima Kasih Kerja Sama Semua Pihak Sigap dan Tanggap Menangani Kejadian

Selama momen libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 pihaknya juga mendirikan posko terpadu yang hasilnya tidak ditemukan hal-hal yang menonjol. Diharapkan, pergerakan arus transportasi laut ini masih tetap normal hingga selesainya posko terpadu. Kendati, pada momen liburan tahun ini terbilang cukup ramai dibandingkan tahun sebelumnya.

“Karena kalau dilihat di data ini jumlah penumpangnya naik, dari H-6 sampai H+6 ini meningkatnya,” pungkas Sudirman. (*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *