Satbrimob Polda Kaltara Lakukan Sterilisasi Rumah Ibadah Umat Kristiani

benuanta.co.id, TARAKAN – Jelang puncak ibadah perayaan Natal bagi umat Kristiani, Subden Gegana Satbrimob Polda Kalimantan Utara (Kaltara) melaksanakan kegiatan sterilisasi gereja di Kota Tarakan pada Ahad, 24 Desember 2023.

Kegiatan sterilisasi tersebut dilakukan untuk menjaga keaman masyarakat yang akan melaksanakan Ibadah Perayaan Natal. Sterilisasi dilakukan pada pukul 07.00 WITA dan pukul 18.00 WITA. Pada pagi hari sterilisasi dilaksanakan di dua tempat yaitu di Gereja Bhetany Pasir Putih dan Gereja GPDI berlokasi di Jalan Mulawarman Kota Tarakan dan pada pukul 18. 00 akan dilakukan di Gereja Katolik Santa Maria Imakulata Tarakan.

Baca Juga :  RSUD JSK Bakal Gelar Forum Konsultasi Publik

Mewakili Dansat Brimob Polda Kaltara dan Wakasubden Den Gegana, Aipda Hasan, Komandan Tim II Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kaltata mengatakan pemeriksaan dilakukan pada bagian luar dan dalam ruangan. Kegiatan tempat ibadah seperti mimbar, sound system, tempat duduk dan jendela.

“Kami juga setiap tahun dapat permintaan dari satuan wilayah melaksanakan sterilisasi. Jadi pagi sementara dua gereja, nmalam ada lagi beberapa gereja kami sterilisasi,” ujar Aipda Hasan, Ahad (24/12/2023).

Baca Juga :  Diduga 7 Orang Nyoblos Dua Kali, Bawaslu Tarakan Usul Pemungutan Suara Ulang

Terdapat 20 personel Brimob yang dibagi menjadi dua tim dalam pelaksanaan sterilisasi gereja “Kami masuk di tim 2. Yang siang sore ada tim 1,” ungkapnya.

Saat melaksanakan sterilisasi pihaknya membawa peralatan berupa jimbom dan beberapa peralatan lainnya. Dikatakan Aipda Hasan, Sejauh ini tidak ada hal mencurigakan yang ditemukan dan kegiatan pun berjalan dengan aman terkendali.

“yang diperiksa personel ada saklar lampu, sound system, WC, mimbar yang menjadi tempat khutbah, termasuk wilayah luar di area parkiran, taman, dan lainnya,” jelasnya.

Baca Juga :  Bawaslu Tarakan Temukan Dugaan Pelanggaran di Hari Pencoblosan

“Malam dua tim bertugas. Terbagi ada bertugas di Tarakan Barat dan ada Tarakan Tengah dan Utara,” tambahnya.

Kegiatan sterilisasi juga dilakukan sesuai surat pemintaan dari Polres Tarakan yang dimulai tanggal 24 Desember 2023 sampai 25 Desember 2023 berlanjut pada malam pergantian tahun.

“Setelah sterilisasi kami stanby di gereja sambil menunggu teman-teman,” pungkasnya.(*)

Reporter: Sunny Celine

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *