Upaya DPK Kaltara Meningkatkan Literasi Masyarakat

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) telah melaksanakan sejumlah program untuk meningkatkan literasi atau kemampuan menulis, membaca dan mengolah informasi serta ilmu pengetahuan secara bertahap.

Hal tersebut dikatakan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DPK Kaltara, Yosua Batara Payangan, pihaknya telah melaksanakan beberapa program peningkatan literasi masyarakat. Salah satunya dengan melaksanakan Festival Literasi di Kabupaten Bulungan.

Dalam festival tersebut, Perpustakaan Kaltara melaksanakan kegiatan yang dapat menstimulus perkembangan literasi masyarakat, khususnya anak usia sekolah. Mulai dari gerakan membaca, pameran literasi, bedah buku, lomba bertutur, lomba membuat video blog (vlog).

“Selain itu ada pementasan puisi, seni tari dan pentas vokal dari anak anak SLB, lalu puncaknya malam literasi dengan menghadirkan Farel Prayoga,” ujarnya, Rabu (13/12/2023).

Program peningkatan literasi memang dibuat semenarik mungkin. Yosua sapaannya memiliki target Perpustakaan Kaltara dapat optimal hadir di tengah tengah masyarakat.

“Kami terus berupaya agar masyarakat tertarik datang ke perpustakaan, kami terus berusaha berinovasi memainkan peran dalam mentransformasikan pengetahuan dan literasi,” katanya.

Perpustakaan Kaltara sebelumnya juga melaksanakan Workshop untuk Pegiat Literasi meningkatkan kapasitas diri dalam melakukan pendampingan pembudayaan kegemaran membaca masyarakat. Pendampingan ini dimaksudkan untuk meningkatkan indeks kegemaran membaca dan indeks pembangunan literasi masyarakat di Kaltara.

“Pegiat literasi daerah adalah motivator, inspirator dan menjadi role model masyarakat dalam aspek minat baca, maupun kegemaran membaca. Untuk itu,kita terus membangun ada sinergi, efektifitas dan optimalisasi dalam bersama meningkatkan literasi di daerah,” pungkasnya.(*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Ramli

Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
790 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *