Bersih-bersih di Pasar Rakyat Tanjung Palas, Cegah Banjir dan DBD

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Komando Distrik Militer (Kodim) 0903/Bulungan menggelar karya bakti secara serentak. Titik lokasi karya bakti, menunjuk Pasar Rakyat di Kecamatan Tanjung Palas, Kabupaten Bulungan, Kamis (7/12/2023).

Karya bakti dilakukan bertujuan untuk mencegah terjadinya bencana banjir dan mengurangi penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Dandim 0903/Bulungan, Kolonel Inf Victor Andhyka Tjokro mengatakan, karya bakti dilakukan serentak di seluruh kodim di Indonesia.

Baca Juga :  Hujan di Bulungan Diprediksi Awet hingga Esok Hari

Hal ini dilakukan, untuk mengantisipasi banjir di tengah intensitas hujan yang tinggi beberapa hari terakhir.

“Jadi, kita membersihkan pasar dan fasilitas umum lainnya, termasuk pembersihan aliran drainase agar tidak tersumbat” ujarnya.

Dirinya berharap pembersihan drainase, dapat mengurangi risiko terjadinya bencana banjir.

Selain itu, pembersihan drainase dimaksudkan bentuk pencegahan terjadinya penyakit, karena perairan yang tersumbat dapat menjadi tempat bersarang nyamuk Aedes Aegypti, dan dapat membawa virus dengue penyebab penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Baca Juga :  Penetapan Kursi DPRD Bulungan Tunggu Gugatan di MK Selesai

Aliran drainase yang tersumbat, sambung Victor bisa menjadi sarang nyamuk Aedes Aegypti. Karena itu, pembersihan drainase dinilai sangat penting untuk meminimalisir penyebaran penyakit DBD di musim penghujan.

“Melalui karya bakti, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan,” harapnya.

Untuk itu, Victor menginstruksikan kepada seluruh jajaran Koramil dan Posramil untuk melakukan karya di wilayah teritorialnya. Sehingga, bisa lebih meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan.

Baca Juga :  DKP Kaltara Siapkan Jadwal Patroli Alur Pelayaran Muara Binai 

Masih di kesempatan yang sama, personil Kodim 0903/Bulungan melakukan penanaman pohon buah di area jalan usaha, di Tanjung Palas Utara. Sebanyak 200 pohon buah ditanam dengan harapan bisa dimanfaatkan buahnya oleh masyarakat.(*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *