Pentingnya Membangun Sekolah Sehat

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Membangun sekolah yang sehat akan berpengaruh terhadap peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) serta menghasilkan anak-anak cerdas yang akan membawa kemajuan bangsa.

Hal tersebut dikatakan wakil Bupati Bulungan Ingkong Ala, pada Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) di Auditorium Universitas Kaltara.

“Sekolah bukan saja untuk transfer ilmu pengetahuan semata namun sekolah juga dapat menjadikan keseharian anak-anak, menjadi budaya perilaku hidup bersih dan sehat sesuai dengan program UKS, sekaligus dapat mensosialisasikan di lingkungan rumah dan masyarakat sekitarnya,” ujarnya, Kamis (6/12/2023).

Baca Juga :  Bupati Syarwani Dukung Pembentukan PWI Bulungan

Program UKS/M kata dia, selaras dengan salah satu misi pembangunan di Bulungan, yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang sehat, cerdas, berkarakter dan berdaya saing, termasuk di dalamnya melalui usaha kesehatan di sekolah maupun madrasah.

Kemudian untuk menambah semangat ataupun motivasi bagi lingkungan masyarakat, khususnya lingkungan sekolah dalam mewujudkan sekolah sehat dengan strata paripurna di Bulungan.

UKS/M juga menjadi tujuan dari pendidikan nasional sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. di mana upaya peningkatan derajat kesehatan peserta didik dalam rangka menciptakan sumber daya manusia bermutu serta hidup berkualitas, yaitu terciptanya sehat jasmani maupun kesehatan mental dan sosial.

Baca Juga :  Dilaporkan Melompat ke Sungai Kayan, BPBD Lakukan Pencarian

Ia berharap Rakerda diikuti dengan sungguh-sungguh, utamanya dalam melakukan evaluasi program kegiatan usaha kesehatan di sekolah maupun dalam menyusun rencana kegiatan di tahun berikutnya.

Wabup juga berpesan kepada Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah dan Madrasah baik Tim Pembina kabupaten, kecamatan maupun Tim Pelaksana UKS/M di sekolah, agar dapat terus melakukan pembinaan, penguatan, pemeliharaan dan peningkatan kesehatan di sekolah agar anak-anak bisa terjamin kesehatannya.

Baca Juga :  Dilaporkan Melompat ke Sungai Kayan, BPBD Lakukan Pencarian

Diingatkan, tingkat derajat kesehatan pelajar atau siswa sangat penting karena pelajar adalah harapan bangsa sekaligus sebagai pewaris bangsa.

“Pelajar Indonesia harus sehat karena dengan derajat kesehatan yang baik maka akan berpengaruh terhadap peningkatan sumber daya manusia, menghasilkan anak-anak yang cerdas serta membawa kemajuan bangsa,” pungkasnya.(*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2592 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *