PT. PKN Bagikan Bibit Sawit pada Masyarakat Desa Tanjung Agung

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Korem 092 Maharajalila Tanjung Selor dan Dinas Pertanian Bulungan memberikan apresiasi ke PT.PKN setelah menjalankan program pengembangan clutser perkebunan kelapa sawit di Desa Tanjung Agung, kabupaten Bulungan, provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

Sejak tahun 2022 lalu, PT PKN telah menyelenggarakan program pembagian bibit kelapa sawit di desa Tanjung Agung. Program pembagian bibit kelapa menggandeng Korem 092 Maharajalila yang juga tengah berulang tahun ke-4.

External Relation Manager PT PKN Iwan Suryatno mengatakan, program ini dilakukan untuk melahirkan petani mandiri di Tanjung Agung, yang artinya program tersebut memiliki multiplier effect untuk masyarakat setempat.

Baca Juga :  Polisi Musnahkan Barbuk Sabu 15 Kg dan 3.400 Pil Ekstasi, Pelakunya Adik dan Kakak

“Program dari PKN bukan hanya bagi-bagi bibit, tetapi berkaitan tentang sustainable dan perkembangan petani,” ucapnya, Ahad (26/11/2023).

Pembagian bibit sawit yang diberikan kepada 36 Kepala Keluarga (KK) nantinya akan mendapat monitoring dan evaluasi mulai dari tanam hingga panen.

Sementara itu ditemui ditempat yang sama Kepala Bidang (Kabid) Perkebunan pada Dinas Pertanian Bulungan Yuniarti Utami mengatakan, berkaitan dengan program Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) yang memiliki dua pengadaan, yaitu perluasan tanam dan pemeliharaan kebun rakyat melalui pupuk.

Baca Juga :  Transportasi Darat Tanjung Selor, Tidak Ada Gangguan Lalu Lintas

Terkait hal tersebut, PT PKN sebagai penyedia bahan tanam dan Dinas Pertanian Bulungan melakukan pendataan terkait kebutuhan akan pupuk.

“Seperti yang dikatakan oleh Bupati, Dinas Pertanian tidak bisa bekerja sendiri kita membutuhkan bantuan dari bidang strategis, oleh karenanya kami mengucapkan terimakasih kepada PT PKN, Karena dengan perluasan lahan tanam ini akan mendorong pendapatan daerah melalui dana bagi hasil,” jelasnya.

Baca Juga :  Capai 1.500 Jiwa, Warga Kampung Tias Minta Wilayahnya Menjadi Desa

Sementara itu Kepala staff korem 092 Maharajalila Tanjung Selor, Kol Inf Uten simbolon juga mengapresiasi kegiatan pembagian bibit kelapa sawit tersebut, karena berkaitan dengan ketahanan pangan program dari Korem 092 Tanjung Selor.

“Harapannya dengan adanya program tersebut akan membantu dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, terutama terkait pendidikan,” pungkasnya.(adv)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *