Kunjungan Wisman ke Kaltara Menurun

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Kalimantan Utara (Kaltara) melalui pintu keimigrasian di Kabupaten Nunukan (non udara) pada bulan Juni 2023 terdapat sebanyak 1.899 kunjungan atau mengalami penurunan sebanyak 14 kunjungan dibanding bulan sebelumnya.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltara Mas’ud Rifai. Jumlah kunjungan wisman melalui Kota Tarakan tidak ada kunjungan pada Juni 2023.

“Secara keseluruhan, jumlah kunjungan wisman melalui pintu keimigrasian Kota Tarakan (udara) dan Kabupaten Nunukan (non udara) pada bulan Juni 2023 terdapat sebanyak 1.899 kunjungan atau terjadi penurunan sebanyak 0,73 persen,” ucapnya, Ahad (6/8/2023).

Baca Juga :  Catat Tanggalnya! Pemprov Kaltara Berlakukan Penghapusan Denda PKB dan BBNKB

Lanjut secara kumulatif, jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Kaltara melalui pintu keimigrasian pada periode Januari-Juni 2023 mencapai 11.227 kunjungan.

Jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Kaltara. Berdasarkan Pintu Lintas Batas (PLB) yang tidak tercatat (undocumented) di Pintu Keimigrasian seperti pada pintu-pintu yang tidak resmi ternyata masih banyak, sehingga BPS bekerjasama dengan Kementrian Pariwisata dan Telkomsel untuk melakukan penghitungan dengan menggunakan metode Mobile Position Data (MPD) untuk menghitung jumlah wisman.

Baca Juga :  BPJS Ketenagakerjaan Bersama Kemenkeu dan Kemendagri Sosialisasikan PMK 55 Tahun 2024

“Berdasarkan MPD, jumlah wisman yang berkunjung ke Provinsi Kaltara terdapat sebanyak 39.517 kunjungan atau terjadi penurunan sebesar 47,93 persen dibandingkan bulan sebelumnya,” ungkapnya.

Namun kata dia, secara kumulatif, jumlah kunjungan wisman ke Provinsi Kaltara pada periode Januari-Juni 2023 sebanyak 272.611 kunjungan, atau terjadi peningkatan sebesar 1,27 persen dibandingkan periode yang sama Tahun 2022 yang tercatat sebanyak 269.197 kunjungan. (*)

Baca Juga :  BPJS Ketenagakerjaan Bersama Kemenkeu dan Kemendagri Sosialisasikan PMK 55 Tahun 2024

Reporter: Ike Julianti

Editor: Ramli

TS Poll - Loading poll ...
Coming Soon
Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
{{ row.Answer_Title }} {{row.tsp_result_percent}} % {{row.Answer_Votes}} {{row.Answer_Votes}} ( {{row.tsp_result_percent}} % ) {{ tsp_result_no }}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *