Dinkes Berharap Akses Pelayanan Kesehatan Semakin Mudah Didapatkan

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Salah satunya yaitu Program Layanan Dokter Terbang (Pro Lanteraku) yang hadir sebagai inovasi untuk memaksimalkan peningkatan mutu dan kualitas pelayanan kesehatan di daerah terpencil, perbatasan, dan kepulauan (DTPK) di Kaltara.

Pro Lanteraku berhasil masuk Top 5 nominasi Outstanding Achievement of Public Service Innovation (OAPSI) tahun 2023. Lomba Top Inovasi Layanan Publik Terpuji (KIPP) oleh Kemenpan RB.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltara Usman, berharap akses pelayanan kesehatan semakin mudah dijangkau oleh masyakarat Kaltara baik yang ada di perkotaan maupun di DTPK.

“Untuk meningkatkan pelayanan kami berusaha untuk melengkapi sarana dan prasaranan bidang kesehatan, kecukupan SDM dan Kualitas SDM,”ucapnya, Rabu (2/8)

Pada tahun 2024 mendatang, Dinkes akan meningkatkan dan memperluas jangkauan dan frekuensi dokter terbang.

“Adanya pembaruan yang dilakukan Dinkes Kaltara saat ini, dokter spesialis mata juga ikut dalam pelayanan dokter terbang. Selain mata, ada spesialis anak, spesialis penyakit dalam, dokter gigi, dan spesialis kandungan,” jelasnya.

Tak hanya itu, dengan adanya program dokter terbang ini tentu, memberikan kesempatan bagi warga di daerah terpencil untuk mendapatkan layanan kesehatan yang setara dengan yang ada di perkotaan.

“Keberhasilan inovasi ini masuk dalam Top 5 OAPSI merupakan suatu kehormatan dan membuktikan bahwa upaya dalam pengembangan inovasi di sektor kesehatan ini mendapatkan apresiasi,” pungkasnya (*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2106 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *