329 Calon Peserta Didik Baru Mendaftar di SMAN Tanjung Selor

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2023 untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Tanjung Selor, yang dilaksanakan secara online telah ditutup pukul 12.00 WITA, Rabu (5/7/2023).

Dari data yang terinput di panitia PPDB terdapat 329 calon peserta didik yang mendaftar melalui jalur yang di buka.

Kepala Sekolah SMAN 1 Tanjung Selor, Didik Sukanto mengatakan, ada empat jalur pendaftaran PPDB. Namun di tahun 2023 sejak dibukanya PPDB tanggal 26-29 Juni hanya tiga jalur yang dibuka yakni afirmasi, mutasi, dan prestasi. Sedangkan jalur zonasi dimulai sejak tanggal 30 Juni sampai 5 Juli.

“Ya tahun ini ada perbedaan dari tahun sebelumnya, awal pendaftaran memang hanya 3 jalur setelah itu disusul jalur zonasi,” ucapnya, Jumat (7/7)

“Kenapa tiga jalur itu didahulukan, misalnya jika ada anak mendaftar ke jalur prestasi tetapi masih masuk dalam zonasi SMAN 1 dan tertolak. Anak tersebut bisa mendaftar kembali melalui sistem zonasi karena masih tinggal dilingkungan sekolah,” tambahnya.

Untuk PPDB tahun 2022 lalu, kata dia, pendaftaran nya secara bersamaan di empat jalur yang disediakan. Namun ketikan anak yang ada di lingkungan SMAN1 masuk jalur prestasi namun ketolak, maka tidak bisa masuk kembali ke jalur zonasi.

“Kalau kita presentase kan jumlah zonasi lebih banyak dari pada tiga jalur lainnya,”terangnya.

PPDB yang menggunakan sistem online, kata Didik untuk pendaftaran tahun ini diakuinya tidak ada halangan sama sekali, untuk jaringan internet juga sangat lancar dan aplikasi pendaftaran PPDB tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Kalau tahun lalu itu sistem online nya ada sedikit Kendala, karena mungkin masih dalam pengembangan tapi saya yakin aplikasi online untuk PPDB ini insyaallah semakin baik,” pungkasnya (*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2701 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *