Cocok Buat Healing, Ini 6 Destinasi Wisata Alam di Kecamatan Tarakan Timur

benuanta.co.id, TARAKAN – Ahkir pekan menjadi saat yang dinanti para pekerja guna melepaskan penat. Ada banyak waktu yang bisa digunakan untuk menikmati ahkir pekan seperti berkumpul bersama keluarga, hiking, camping bahkan mengunjungi objek wisata.

Selain objek wisata alam, Kecamatan Tarakan Timur juga menyediakan tempat wisata bersejarah dan tempat wisata religi.

Tim benuanta.co.id merangkum tempat wisata alam yang ada di Kecamatan Tarakan Timur yang dapat dikunjungi masyarakat saat ahkir pekan. Simak ulasannya berikut ini.

1. Cagar Budaya situs Peningki Lama.

Tempat wisata tersebut terletak di Kelurahan Mamburungan, Kecamatan Tarakan Timur. Dahulunya, tempat ini merupakan pemukiman masyarakat Tidung yang kemudian pada tahun 1939 dialihfungsikan sebagai lokasi pertahanan militer guna menjaga kawasan pelabuhan serta para penambang minyak kala itu.

Tampak pelabuhan utama TNI AL XIII dari dalam benteng pengintai peningki lama (FOTO: OKTA BALANG/BENUANTA)

Untuk bisa melihat pemandangan pesisir timur Kota Tarakan, pengunjung bisa menempuh 46 anak tangga hingga bisa sampai di benteng pengintai atau dikenal dengan pillbox. Selain itu, terdapat sejumlah meriam buatan Jerman tahun 1902. Pengunjung tidak dikenakan biaya saat mengunjungi situs bersejarah tersebut.

Meriam buatan Jerman yang merupakan saksi bisu peninggalan perang dunia ke 2 (FOTO: OKTA BALANG/BENUANTA

2. Bukit Pohon Satu

Untuk bisa mencapai puncak bukit pohon satu, pengunjung bisa berjalan kaki selama 15 menit. Selain suasana yang asri dan cocok untuk dijadikan tempat berswafoto, Bukit Pohon Satu yang terletak di Jalan Tanjung Pasir, Kelurahan Mamburungan, Kecamatan Tarakan timur.

Puncak Bukit Pohon satu (FOTO: OKTA BALANG/BENUANTA)

Bagi komunitas pecinta alam, tempat tersebut cocok dijadikan sebagai tempat camping, selain itu tempat tersebut bisa dijadikan sebagai jalur hiking menuju Goa Maria dan Pantai Amal lama, Kelurahan Pantai Amal.

Sekalipun lokasi tersebut tidak dipungut biaya, pengunjung diharapkan untuk tetap menjaga kebersihan tempat tersebut.

3. Gua Maria Sei Mentogok

Bagi umat Katolik Tarakan, tempat ini sudah tidak asing lagi dan kerap di jadikan sebagai objek wisata religi. Tempat tersebut terletak di ujung Jalan Pantai Amal Lama.

Tempat peribatan umat Katolik Tarakan (FOTO: OKTA BALANG/BENUANTA)

Untuk mencapai pelataran peribadatan, pengunjung harus berjalan kaki sepanjang 20 menit dengan di temanin hamparan pohon. Selain dijadikan sebagai tempat ziarah, tempat tersebut kerap dijadikan sebagai tempat telusur hutan oleh sejumlah pecinta alam.

4. Menara Suar Tanjung Batu

Keindahan alam pesisir timur Kota Tarakan dapat di lihat dari lantai dasar maupun titik puncak ketingian menara tersebut. Menara tersebut merupakan instalasi sarana bantu alat navigasi pelayaran milik Kementrian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Distrik Navigasi Kelas III Tarakan.

Mercusuar terlihat dari Kejahuan (FOTO: OKTA BALANG/BENUANTA)

Untuk sampai di tempat tersebut, pengunjung bisa berjalan kaki maupun menggunakan sepeda motor dengan melewati jalan setapak selama 15 menit.

5. Agro Wisata Karoengan

Agro wisata karoengan terletak di Jalan Karungan, Kecamatan Tarakan Timur. Harga tiket yang ditentukan oleh pengelola sebesar Rp 3 ribu.

Air terjun agro wisata karungan (FOTO: OKTA BALANG/BENUANTA)

Selain air terjun, tempat tersebut menyediakan sarana prasarana seperti mushola, toilet ruang ganti, jembatan gantung, kolam renang, bumi perkemahan, gazebo, taman agrowisata, serta masih banyak lagi.

6. Pantai Amal Lama

Pantai Amal Lama terletak di Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, letaknya di ujung jalan menuju goa maria. Tempat tersebut kerap dijadikan sebagai tempat berkumpul bersama rekan dan keluarga, selain itu para pecinta alam kerap menghabiskan waktu luangnya untuk mendirikan kemah di hamparan rumput disepanjang bibir pantai.

Pantai amal saat sedang surut (FOTO: OKTA BALANG/BENUANTA

Reporter: Okta Balang

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2889 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *