Kunjungan Wisman ke Kaltara Meningkat

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Kalimantan Utara (Kaltara) melalui pintu keimigrasian di Kabupaten Nunukan (non udara) pada bulan April 2023 terdapat sebanyak 1.697 kunjungan, atau mengalami peningkatan sebanyak 83 kunjungan dibanding bulan sebelumnya.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltara Mas’ud Rifai mengatakan, jumlah kunjungan wisman melalui Kota Tarakan berjumlah 0 kunjungan atau tidak ada kunjungan pada bulan April 2023.

“Secara keseluruhan, jumlah kunjungan wisman melalui pintu keimigrasian Kota Tarakan melalui (udara) dan Kabupaten Nunukan (non udara) pada bulan April 2023 terdapat sebanyak 1.697 kunjungan atau terjadi peningkatan sebanyak 5,14 persen,” katanya, Sabtu (10/6).

Baca Juga :  Dengarkan Aspirasi Nelayan, KNTI Apresiasi Respons Cepat Gubernur Zainal

Kata Mas’ud secara kumulatif, jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Kaltara melalui pintu keimigrasian pada periode Januari-April 2023 mencapai 7.415 kunjungan.

Sedangkan jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Kaltara berdasarkan Pintu Lintas Batas (PLB) yang tidak tercatat (undocumented) di Pintu Keimigrasian seperti pada pintu-pintu yang tidak resmi ternyata masih banyak.

Baca Juga :  Dengarkan Aspirasi Nelayan, KNTI Apresiasi Respons Cepat Gubernur Zainal

“Sehingga kami (BPS) bekerjasama dengan Kementrian Pariwisata dan Telkomsel untuk melakukan penghitungan dengan menggunakan metode Mobile Position Data (MPD) untuk menghitung jumlah wisman,” jelasnya.

Berdasarkan MPD, jumlah wisman yang berkunjung ke Kaltara sebanyak 44.050 kunjungan atau terjadi peningkatan sebesar 6,95 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Secara kumulatif, jumlah kunjungan wisman ke Kaltara pada periode Januari-April 2023 sebanyak 157.208 kunjungan, atau terjadi penurunan sebesar 5,41 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2022 yang tercatat sebanyak 166.196 kunjungan. (*)

Baca Juga :  Dengarkan Aspirasi Nelayan, KNTI Apresiasi Respons Cepat Gubernur Zainal

Reporter: Ike Julianti

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2703 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *