Golkar Banyak Usung Kader Generasi Z

benuanta.co.id, Nunukan – Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Golongan Karya (Golkar) Kabupaten Nunukan jadi Partai Politik (Parpol) ke 13 dari 18 peserta Pemilu 2024 mendatang yang mendaftarkan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nunukan pada Ahad, 14 Mei 2023.

Ketua DPD Golkar Kabupaten Nunukan, Siti Raudah mengatakan pada Pileg 2024 mendatang, Golkar mengusung 30 kader sesuai dengan formasi untuk 4 Daerah Pemilihan (Dapil) Kabupaten Nunukan.

“Alhamdulillah, 100 persen pendaftaran untuk 30 Bacaleg yang kita usung sudah dinyatakan lengkap dan diterima oleh KPU Nunukan,” kata Siti kepada benuanta.co.id, Ahad (14/5/2023).

Dikatakannya, Bacaleg yang diusung sudah memenuhi syarat keterwakilan 30 persen perempuan yang mana terdiri dari 10 kader perempuan dan 20 kader laki-laki, yang mana untuk Dapil I terdiri dari 3 perempuan dan 7 laki-laki. Kemudian Dapil II terdiri dari 1 perempuan dan 2 laki-laki, lalu untuk Dapil III terdiri dari 3 perempuan dan 4 laki-laki dan untuk Dapil IV terdiri dari 3 kader perempuan dan 7 kader laki-laki.

Baca Juga :  Soal Pilbup Nunukan, Irwan Sabri Unggul Elektabilitas

Siti menyatakan, untuk kader yang diusung dari berbagai kalangan mulai dari wirausaha, pensiun, akademisi, purnawirawan Polri. Bahkan, diakuinya kader yang diusung dari generasi Z yakni di bawah umur 30 tahun sebanyak 9 kader yang tersebar di 4 Dapil.

Sedangkan untuk kursi yang ditargetkan yakni Golkar Kabupaten Nunukan jika saat ini menduduki 2 kursi di Parlemen, maka berdasarkan arahan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) untuk Pileg 2024 mendatang kursi yang di targetkan untuk Dapil I yakni 2 kursi, Dapil II 1 kursi, Dapil III yakni 1 kursi dan Dapil IV 2 kursi.

“Kalau untuk incumbent, Pak Welson akan kembali bertarung di Pileg 2024 untuk Kabupaten Nunukan, kalau saya sendiri karena untuk ketua partai yang sudah dua kali periode akan diusung ke DPRD Provinsi,” uangkapnya.

Saat disinggung terkait Bakal Calon Pemilihan Kepala Daerah, Siti mengatakan jika hingga saat ini belum ada pembahasan, akan tetapi untuk kader Golkar diakunya saat ini, Wakil Bupati Nunukan, Hj Hanafiah masih menjadi kader Golkar. Ketua KPU Nunukan, Rahman menyampaikan hingga pukul 17.00 Wita, sudah ada 13 partai yang mengajukan pendaftaran Bacaleg ke KPU.

Baca Juga :  Instruksi Gerindra Pusat Prioritaskan Ibnu Saud dan Zainal Arifin Paliwang Maju Pilgub dan Pilwali  

“Sejauh ini sudah ada 13 Parpol, 12 partai sudah kita nyatakan lengkap dan diterima, satunya yakni PSI berkasnya kita kembalikan untuk dilakukan perbaikan, masih tersisa 5 Parpol yang belum mendaftarkan diri,” ungkap Rahman.

Sementara itu di Tarakan, DPD Golkar Tarakan juga melakukan pendaftaran ke KPU Tarakan pada Ahad, 14 Mei 2023. Ketua DPD partai Golkar Tarakan, Hj. Siti Laela menyatakan mengajukan 30 nama-nama Bacaleg dari partai Golkar.

“Kita penuhi syarat 30 persen sebagai syarat dari pendaftaran, semua dapil 100 persen terisi ini berkat perjuangan kader-kader partai Golkar yang sudah mantap berjuang,” kata Siti, Ahad (14/5/2023).

Baca Juga :  Irwan Sabri Dianggap Sebagai Sosok Pembawa Perubahan untuk Nunukan

Ia juga yakin dengan komposisi kader yang terdiri dari senior-senior kader Golkar, incumbent dari DPRD dan tokoh masyarakat dapat menjadi jalan memenangkan parlemen Kota Tarakan.

“40 persen juga kita mengakomodir milenial yang akan siap untuk memperjuangkan partai Golkar ke depannya,” ungkapnya.

Mengenai kendala, ia menegaskan bahwa tidak ada yang menjadi halangan partai Golkar untuk mendaftarkan Bacalegnya ke KPU Tarakan.

“Alhamdulillah semua sudah 100 persen baik dari persyaratan DPP juga sudah disetujui artinya jika sudah disetujui artinya sudah clear 100 persen,” tutupnya. (**)

Reporter: Novita A.K/Sunny Celine

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2875 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *