DPKP Kaltara akan Berikan Pipa Pengairan untuk Kelompok Tani

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Tahun 2023 ini Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) bakal kembali jalankan program pembangunan Pemerintah Provins i(Pemprov) Kaltara, di bidang pertanian dan ketahanan pangan.

Hal ini dilakukan sebagai bentu keseriusan Pemprov Kaltara melalui DPKP Kaltara, dalam membangun pertanian dan ketahanan pangan lokal. Di mana nantinya dalam waktu dekat, DPKP Kaltara akan memberikan bantuan perpipaan pengairan kepada beberapa kelompok tani yang ada di wilayah Tanjung Buka, Kabupaten Bulungan.

“Perpipaan ini ada 2 unit nantinya dan semuanya kita progresnya ke wilayah Tanjung buka, yang memang pertaniannya cukul bagus di sana,” kata Kabid Sarana-prasarana DPKP Kaltara, Ramdhani, Rabu (3/5/2023).

Ia menuturnya bantuan perpiaan pengairan pertanian ini, merupakan salah satu program yang berasal dari APBD murni yang bertujuan untuk membantu sistem pengairan kelompok tani.

“Jadi memang ada beberapa kelompok tani yang lahan taninya belum memiliki pipa pengairan. Sehingga agar pertanian mereka berjalan baik, kita pun akan mendorong dan membantu melalui program ini,” tuturnya.

Sedangkan untuk waktu realisasinya sendiri, pihaknya belum bisa memastikannya. Namun ia, menegaskan program ini akan berjalan dalam waktu dekat, sesuai dengan progres kerja dari DPKP Kaltara.

“Dalam waktu dekat atau bulan-bulan ini mungkin sudah berjalab program ini, karena kita juga masih buat perencanaannya termasuk untuk program lainnya,” lanjutnya lagi.

“Apalagi selain program perpipaan pengairan pertanian ini dalam waktu dekat kita juga akan membagikan 4 cultivator untuk kelompok tani terdata yang ada di Bulungan, Nunukan dam Malinau,” pungkasnya. (*)

Reporter: Osarade

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2669 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *