Bulungan Masih Butuh Ribuan Guru

benunata.co.id, Tanjung Selor – Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) menjadi momentum untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) terutama para guru yang ada di wilayah Kabupaten Bulungan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bulungan, Suparmin Seto menyebutkan jumlah tenaga guru yang ada di Bulungan sebanyak kurang lebih dua ribu, yang mana jumlah tersebut masih bisa dikatakan kurang akan tetapi nantinya pemkab Bulungan membuka peluang untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Baca Juga :  RS Abdul Rais Fattah Layani Pasien BPJS

“Nantinya kita ikut bupati berapa peluang PPPK guru yang dikasih untuk kita,” ucapnya pada Selasa, 2 Mei 2023.

Suparmin menyebutkan Bulungan masih membutuhkan SDM sebanyak seribu guru, akan tetapi jika bupati memberika peluang secara bertahap ia merima hal tersebut namun tetap sesuai dengan kemampuan daerah.

“Meski kami terbilang kekurangan SDM tetapi masih ada guru kontak, guru honor sekolah, untuk peluang PPPK tahun ini kita diberikan kuota sebanyak 100 yah paling tidak itu bisa menutupi guru yang akan pensiun,” ungkapnya kepada benuanta.co.id,

Baca Juga :  RS Abdul Rais Fattah Layani Pasien BPJS

Adapun untuk pemenuhan infrastruktur pendidikan, saat ini ada beberapa sekolah yang ruang belajarnya dilakukan perbaikan yakni SMP di Kecamatan Tanjung Palas Timur.

“Kita upayakan tahun ini untuk perbaikan, karena selama ini SMP itu menumpang di SD,” jelasnya.

Dengan adanya hal tersebut tentu ada peluang keuangan yang bisa menunjang untuk perbaikan infrastrur yang bersembur dari Dana Alokasi Khusus (DAK), akan tetapi untuk target pihaknya sudah hampir selsai untuk sarana prasarana yang faktor utama penunjang pendidikan.

Baca Juga :  Berangkat dari Cinta Bahasa dan Budaya hingga Menulis Kamus Bulungan - Indonesia

“Tahun ini DAK kurang lebih Rp33 miliar, saya berpikir untuk meningkatkan SDM tidak hanya fisik namun non fisik juga kita harus perhatikan,” pungkasnya. (*)

Reporter : Ike Julianti

Editor: Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *