Disdikbud Kaltara Tetapkan Peringatan Hardiknas di SMKN 2 Tarakan

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) tetapkan SMKN 2 Tarakan sebagai lokasi peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada 2 Mei 2023.

Disdikbud Kaltara sendiri memprediksikan kalau upacara peringatan Hardiknas bakal berlangsung dengan meriah karena akan dilaksanakan bertepatan dengan perayaan ke-27 Hari Otonomi Daerah (Otda).

“Otda itu sebenarnya diperingati pada 25 April lalu, namun rangkaian Otda ini juga akan kita gabungkan bersama peringatan Hardiknas tanggal 02 Mei mendatang,” kata Sekretaris Disdikbud Kaltara, Sudarsono pada Ahad, 30 April 2023.

Adapun peringatan Hardiknas tahun ini bertemakan “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”. Ia mengungkapkan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi juga menetapkan bulan Mei sebagai waktu pencanangan merdeka belajar.

Baca Juga :  Disdikbud Kaltara Uji Coba Website PPDB 2024

“Selain acara inti (upacara), ada parade marching band, hiburan berupa tarian dan kesenian lainnya. Juga ada gelar karya siswa sekolah di Tarakan,” ungkapnya.

Sesuai jadwal, upacara peringatan Hardiknas dan Hari Otda dimulai pukul 09.00 Wita. Gubernur Kaltara Zainal A. Paliwang akan bertindak sebagai inspektur.

Sebelumnya pada pukul 06.30 Wita, didahului parade marching band dari dua sekolah, yakni SMK Negeri 1 Tarakan dan SMA Hang Tuah Tarakan. Turut dalam parade ini perwakilan siswa kedua sekolah tersebut.

Baca Juga :  Disdikbud Kaltara Uji Coba Website PPDB 2024

Adapun, mengambil titik start di Kantor Cabang Disdikbud Kaltara Wilayah Tarakan di Jalan Mulawarman berjalan menuju SMK Negeri 2 Tarakan di Jalan Aki Balak. Diestimasi jarak tempuh sejauh 2,9 kilometer.

“Kita pastikan pak Gubernur akan hadir dalam Hardiknas ini, mengingat peserta upacaranya nanti juga akan ada SMA dan SMK, serta guru dan tenaga kependidikan seluruh jenjang pendidikan. Mulai PAUD/TK/SD/SMP/MTS/SMA/SMK/MA. Selain itu diikuti ASN, TNI, dan Polri. Turut diundang, kepala perangkat daerah di lingkup Pemprov Kaltara dengan 1000 lebih peserta upacara,” terangnya.

Baca Juga :  Disdikbud Kaltara Uji Coba Website PPDB 2024

Ia menambahkan setelah upacara, Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang meresmikan sejumlah proyek di SMK Negeri 2 Tarakan.

“Kebetulan ada sejumlah proyek pembangunan SMKN 02 Tarakan yang sudah selesai dan nanti juga akan diresmikan oleh Gubernur Kaltara, jadi agenda Hardiknas ini nantinya memang cukup panjang,” pungkasnya.(*)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2902 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *