Ketua DPRD Malinau Ingin Pemerintah Bersinergi Bantu Petani

DPKP Kaltara: Tahun Ini kita sudah salurkan 2 ton bibit tani unggul secara bertahap di Malinau

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Hadiri pesta panen raya dari hasil pertanian petani Desa Wisata Setulang, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Malinau, Ping Ding sampaikan apresiasi dan rasa syukurnya kepada petani Desa Setulang, karena sudah membuat lahan pertanian di Malinau tumbuh dengan subur.

Tak hanya itu, wanita nomor satu di DPRD Malinau itu juga menyampaikan bahwa dengan panen raya ini, pemerintah juga harus lebih semangat mendorong kemajuan pertanian Kaltara khususnya di Malinau yang notabenya memiliki banyak lahan pertanian yang subur.

Baca Juga :  Warga Desa Sempayang Apresiasi Reses Ketua DPRD Malinau 

“Panen yang sukses di Desa Setulang ini tentunya menjadi penyelamat kita dalam penguatan ketahanan pangan kita di Malinau dan tentu kita harus bersinergi dalam mendorong hal ini. Artinya kita juga harus membantu petani,” kata Ping Ding pada Sabtu, 29 April 2023.

Ia mengungkapkan dalam perannya baik pemerintah melalui OPD tentunya harus bisa membuat program jangka menengah hingga jangka panjang dalam mendorong kesuksesan hasil pertanian daerah. Seperti memberikan petani bantuan pupuk hingga bibit dan membantu petani untuk membuka pasar yang dapat mereka tembus untuk menjual hasil pertanian lokal.

Baca Juga :  Warga Desa Sempayang Apresiasi Reses Ketua DPRD Malinau 

“Dorongan dalam memberikan bibit tani yang unggul tentunya membantu petani kita dalam menghasilkan hasil pertanian yang unggul juga serta dapat menghemat budget para petani dalam mengelola lahan pertanian,” lanjutnya lagi.

“Lalu dengan membuka pasar khusus hasil tani, tentunya juga membantu para petani kita dalam menjual hasil pertaniannya, artinya ketahanan pangan kita kuat, ekonomi kita kuat dan petani kita juga semakin sejahtera,” pungkasnya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kaltara, Heri Rudiono mengatakan tahun ini Pemprov Kaltara melalui DPKP kaltara sudah menyiapkan sekitar 2 ton bibit tani unggul untuk kelompok tani yang ada di Malinau.

Baca Juga :  Warga Desa Sempayang Apresiasi Reses Ketua DPRD Malinau 

Di mana bibit tani unggul itu, diserahkan secara bertahan menyesuaikan dengan waktu tanam dan waktu panen pertanian di Malinau.

“2 ton bibit tani itu, terdiri dari berbagai macam bibit pertanian dan sudah kita mulai salurkan sejak bulan lalu. Harapannya ialah agar hasil pertanian kita semakin unggul dan ketahanan pangan kita juga semakin kuat,” tutupnya.(*)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *