Puncak Arus Balik Lebaran, Tiket Speedboat di SDF Ludes

benuanta.co.id, TARAKAN – Puncak arus balik kedatangan dan keberangkatan di Pelabuhan Tengkayu 1 atau SDF Kota Tarakan terpantau mengalami lonjakan signifikan pada Selasa, 25 April 2023.

Staf Syahbandar Pembantu Pelabuhan Tarakan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD), Wilayah XVII Kaltim-Kaltara, Sudirman mengatakan bahwa hari ini adalah puncak arus balik.

“Iya, kalau dilihat dari data keberangkatan ada peningkatan 295 orang dari hari kemarin. Jadi inilah puncaknya,” kata Sudirman, Selasa (25/4/2023).

Berdasarkan pantauan benuanta.co.id, peningkatan jumlah penumpang pada puncak arus balik mengalami kenaikan khususnya untuk jumlah keberangkatan.

Hal ini dibenarkan oleh Sudirman, jika pada arus mudik sebelumnya jumlah penumpang signifikan naik pada saat kedatangan. Namun saat ini merupakan kebalikannya.

Baca Juga :  Lembaga Yudikatif Dituntut Netral dalam Pelaksanaan Pilkada 2024

“Iya sesuai prediksi kemarin, keberangkatan akan naik dipuncak arus balik,” ungkapnya

Berdasarkan data per Senin, 24 April hingga 25 April 2023 terdapat 2.500 keberangkatan dan 2.300 penumpang untuk kedatangan.

Dilanjutkan Sudirman terkait penambahan armada, ia menyebut belum mendapatkan laporan dari pihak agen pelayaran mengenai pengoperasian armada tambahan.

Sementara itu pihaknya juga memastikan keamanan fasilitas terhadap penumpang sudah memenuhi standar. Apalagi petugas selalu mengimbau seluruh armada dan penumpang untuk mengikuti aturan.

“Semuanya sudah tersedia, sekarang kita kasih imbauan aja, kan ada penumpang yang enggan memakai (baju pelampung). Kalau kapal mau diberangkatkan kita tetap imbau lagi menggunakan baju pelampung,” terangnya.

Baca Juga :  Fasilitasi 5.660 Sertipikat Tanah di Daerah Perbatasan, Masyarakat Apresiasi Program Pemprov Kaltara

Kenaikan jumlah penumpang cukup signifikan membuat tiket reguler yang disiapkan oleh pihak SDF Tarakan cepat terjual habis.

Melonjaknya jumlah penumpang ini mengharuskan penumpang yang kehabisan tiket reguler harus menyiapkan uang tambahan untuk bisa mendapatkan tiket non reguler.

Terpisah operasional speedboat SDF Tarakan, M. Salim menjelaskan bahwa cepatnya tiket reguler habis terjual dikarenakan penumpang menggunakan sistem booking.

“Iya kan habis (tiket reguler) karena banyak yang ambil bookingan,” jelas M. Salim.

Baca Juga :  Gubernur Lepas Keberangkatan 439 CJH ke Baitullah

Penumpang yang kehabisan tiket akan dialihkan ke speedboat non reguler, di mana terdapat perbedaan harga antara tiket speed boat reguler dengan tiket speed boat non regular.

“Dilarikan ke speed boat tambahan (non reguler), beda harga (tiket). kami jual tiket yang normal aja (reguler),” pungkasnya (*)

Reporter: Sunny Celine

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2854 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *