Dinkes Kaltara Imbau Masyarakat Tetap Jaga Pola Makan Saat Lebaran 2023

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) mengimbau kepada masyarakat khususnya untuk jaga pola makan saat lebaran 2023 ini dengan rutin berolahraga dan istirahat secukupnya.

“Dan perbanyak minum air putih karena semakin banyak minum air putih akan berdampak lebih baik bagi tubuh, terutama bila jumlah air yang kamu konsumsi setiap harinya minimal 2 liter per hari. Sebab, air putih dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltara Usman saat dikonfirmasi wawancara benuanta.co.id via telfon seluler Jumat (21/4/2023)

Baca Juga :  Meriahkan HANI 2023, Disperindagkop Kaltara Libatkan 65 UKM Se-Kaltara

“Termasuk perbanyak makan buah dan sayur
buah dan sayur memiliki kandungan vitamin dan zat lain yang baik bagi tubuh kita. Berbagai vitamin yang terkandung dalam buah dan serat yang ada di dalam sayuran akan meningkatkan imun tubuh, sehingga membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit yang berawal dari virus atau bakteri,” tambahnya kepada benuanta.co.id.

Tak hanya itu, Usman mengingatkan untuk hindari kebiasaan begadang karena dapat berbahaya bagi tubuh.

“Apalagi, jika tidak dibarengi dengan istirahat yang cukup di siang hari. Hanya saja, banyak orang yang justru melakukan hal ini menjelang lebaran atau di malam takbiran, untuk bersih-bersih rumah, menyiapkan menu makanan lebaran hingga sekedar ngobrol dengan kerabat atau saudara,” ucapnya.

Baca Juga :  Ikut Popnas Korpri ke Semarang, Dispora Kaltara Tunggu Anggaran Perubahan

Sehingga pihaknya mengimbau kepada seluruh warga Kaltara untuk memastikan istirahat cukup sekitar 6-8 jam.

“Waktu istirahat yang cukup menjelang, selama, atau setelah lebaran. Secara umum, kita membutuhkan waktu tidur sekitar 6-8 jam setiap harinya,” ungkapnya.

Termasuk kata dia, upayakan ketika makan menu bersantan secukupnya.

“Karena resiko yang ditimbulkan dari mengkonsumsi gulai dan makanan berlemak lainnya secara berlebihan sangat serius, bisa terkena penyakit kolesterol tinggi hingga penyakit jantung,” bebernya.

Baca Juga :  Dispar Kaltara Optimis Setiap Desa Bisa Meraih Penghargaan Ajang ADWI

Sehingga dijelaskannya supaya kondisi tubuh tetap fit pada hari raya Idul Fitri yaitu dibarengi dengan rutin berolahraga.

“Olahraga tetap penting dilakukan, untuk mengimbangi asupan makanan yang konsumsi selama lebaran. Kita bisa olahraga ringan seperti berjalan kaki atau lari santai di pagi hari, push up atau sit up, melakukan skipping, yoga sekitar 15-30 menit setiap harinya,” pungkasnya. (*)

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *