Polres Berau Imbau Warga Tinggalkan Rumah Pintu Terkunci

benuanta.co.id, BERAU – Momentum cuti bersama hingga perayaan hari raya Idulfitri 1444 H banyak dimanfaatkan masyarakat untuk mudik atau pulang kampung halaman.

Kasatreskrim Polres Berau Iptu Ardian Rahayu Priatna melalui Kanit Tindak Pidana Umum (TIPIDUM) Ipda Yoga Fattur Rahman menghimbau kepada seluruh masyarakat ketika meninggalkan rumah bakal mudik pastikan semua barang sudah terkunci dengan baik agar tidak ada kasus pencurian rumah kosong.

“Pastikan semua pintu dan jendela terkunci dengan benar, cabut barang elektronik dari stop kontak agar tidak terjadi konsleting listrik, tidak meninggalkan bareng berharga,” ucapnya, Jumat (21/4/2023).

Tak hanya itu, pihaknya mengimbau jika ada hal-hal yang mencurigakan atau mau meninggalkan rumah untuk pergi mudik segera melapor ke Rukun Tetangga (RT).

“Lapor RT atau Bhabinkamtibmas setempat agar mereka tahu bahwa rumah dalam keadaan kosong karena di tinggal mudik dan melepas regulator gas agar tidak terjadi kebocoran gas,” bebernya.

Sebab jika berkaca dari libur panjang pada tahun-tahun sebelumnya, ada beberapa kasus pencurian rumah kosong atau terjadi kebakaran akibat konsleting listrik bahkan bocornya regulator gas yang tidak di lepas dari tabung gas itu sendiri bisa menyebabkan kebakaran.

“Maka untuk masyarakat sendiri pastikan semua itu sudah di lakukan semua agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan agar saat mudik bisa nyaman dan tentram,” tuturnya.

Tak hanya itu, bila ada terjadi pembobolan rumah saat di tinggal mudik, agar kiranya bisa segera melaporkan ke kantor polisi terdekat seperti Polsek sekitar atau ke Polres Berau agar pelaku bisa segera di kejar.

“Kami dari jajaran Satreskrim Polres Berau siap menerima laporan bila mana ada pembobolan rumah kosong saat di tinggal mudik hari raya idul fitri, namun, semoga saja tidak ada kasus pembobolan rumah kosong yang terjadi di wilayah hukum Polres Berau,” pungkasnya.(*)

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *