PLN Dukung Gelaran Uji Kompetensi Wartawan oleh PWI Kaltim

SAMARINDA – PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan mendukung pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalimantan Timur. Kegiatan ini rencananya akan berlangsung di Tanjung Redeb – Berau 6-7 Mei mendatang.

Ketua PWI Kaltim Abdurrahman Amin menyampaikan, UKW ini merupakan yang ke-34 kalinya dilaksanakan oleh PWI Kaltim. Sebanyak 28 peserta yang terdiri dari 12 peserta kompetensi muda, 12 peserta kompetensi madya serta 4 peserta kompetensi utama telah siap mengikuti UKW.

“Kerja sama UKW yang didukung PLN semula akan dilaksanakan di Samarinda. Namun, Kesiapan dan kelengkapan berkas wartawan untuk UKW di Berau lebih dahulu lengkap, sehingga pelaksanaan kami alihkan di Kabupaten Berau,” pungkas Rahman.

Abdurrahman mengucapkan terimakasih kepada PLN yang peduli meningkatkan kualitas dan kompetensi wartawan di Kalimantan Timur. Ia berharap kerja sama ini dapat terus ditingkatkan tidak hanya untuk kegiatan UKW saja.

“Melalui kerjasama yang luar biasa ini, kami berharap para wartawan dapat terus mengasah kemampuan mereka dalam menyampaikan informasi yang akurat, berimbang, dan bermutu kepada publik. Semoga kerjasama ini menjadi tonggak baru dalam membangun hubungan yang berkelanjutan antara kami dan PLN, untuk kepentingan bersama demi kemajuan informasi dan jurnalisme di Kaltim,” tambah Rahman.

Sementara General Manager PLN UIP3B Kalimantan Abdul Salam Nganro menjelaskan, kerja sama ini merupakan salah satu komitmen PLN mendukung terciptanya wartawan yang profesional dan berkompeten. Menurut Salam, wartawan sebagai mitra PLN diharapkan dapat memberikan informasi yang berimbang, berintegritas dan kredibel.

“Kebebasan pers dan integritas informasi adalah fondasi utama dalam pembangunan masyarakat yang demokratis dan terinformasi. Seiring dengan tujuan SDGs ke-4 mengenai pendidikan berkualitas, PLN hadir untuk memberikan kontribusi positif terhadap kualitas informasi yang tersaji kepada publik melalui kegiatan Uji Kompetensi Wartawan ini,” tutur Salam.

Selain di Berau, pada tahun 2024 ini PWI Kaltim akan mengadakan UKW di beberapa daerah antara lain Kota Samarinda, Sangatta – Kabupaten Kutai Timur, Saat ini jumlah anggota PWI Kaltim yang sudah memiliki sertifikat kompetensi tercatat sebanyak 73 wartawan utama, 86 wartawan madya dan 181 wartawan muda.(**)

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2920 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *