Akomodir Pemudik Lebaran, Gapasdap Tambah 6 Armada Speedboat

benuanta.co.id, TARAKAN – Keberangkatan dan kedatangan penumpang di Pelabuhan Tengkayu I diperkirakan masih terus akan mengalami peningkatan hingga Hari Raya Idul Fitri 2023 nanti.

Tentu, penambahan angkutan Speedboat sangat diperlukan. Sekretaris Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (Gapasdap) Kaltara, Bayu Ngari Singal mengungkapkan berdasarkan hasil rapat koordinasi (rakor) dengan Dinas Perhubungan (Dishub) dan instansi lainnya, Gapasdap Kaltara sudah menyatakan siap menambah armada.

Adapun penambahannya yakni 3 armada dari Tarakan dan 3 Armada di Tanjung Selor.

Baca Juga :  Lembaga Yudikatif Dituntut Netral dalam Pelaksanaan Pilkada 2024

“Namun tetap akan menyesuaikan jumlah penumpang juga,” katanya, Rabu (19/4/2023).

Penerapannya pun sudah akan dimulai pada Minggu ini. Namun, tak semua armada yang dipersiapkan akan langsung melayani pelayaran penumpang. Pihaknya masih akan kembali memantau jumlah lonjakan penumpang. Apabila ada lonjakan yang begitu signifikan, maka armada yang dipersiapkan akan langsung dipersiapkan.

“Saat ini penambahan baru rute Tarakan dan Tanjung Selor. Kalau hingga saat ini rute lain belum ada penambahan,” sambung Bayu.

Baca Juga :  Fasilitasi 5.660 Sertipikat Tanah di Daerah Perbatasan, Masyarakat Apresiasi Program Pemprov Kaltara

Sementara untuk rute lainnya pihaknya juga berencana akan melakukan penambahan armada juga jika dirasa perlu.

Tercatat, jumlah armada yang tergabung dalam Gapasdap Kaltara berjumlah 22 armada. Semuanya sudah siap melayani masyarakat yang melakukan mudik maupun arus balik.

“Untuk di hari H lebaran nanti akan dikonfirmasi kembali berapa armada yang akan beroperasi. Mungkin ada tapi nggak banyak. Biasanya 2 sampai 3 armada saja,” lanjutnya.

Berdasarkan data yang dihimpun, penumpang yang tiba lebih mendominasi di Pelabuhan Tengkayu I. Per 17 April 2023 kemarin jumlah penumpang yang tiba mencapai 2.116 penumpang dibandingkan penumpang yang berangkat sebanyak 1.612. (*)

Baca Juga :  Fasilitasi 5.660 Sertipikat Tanah di Daerah Perbatasan, Masyarakat Apresiasi Program Pemprov Kaltara

Reporter: Endah Agustina

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2875 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *