Akomodir Pemudik Lebaran, Gapasdap Tambah 6 Armada Speedboat

benuanta.co.id, TARAKAN – Keberangkatan dan kedatangan penumpang di Pelabuhan Tengkayu I diperkirakan masih terus akan mengalami peningkatan hingga Hari Raya Idul Fitri 2023 nanti.

Tentu, penambahan angkutan Speedboat sangat diperlukan. Sekretaris Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (Gapasdap) Kaltara, Bayu Ngari Singal mengungkapkan berdasarkan hasil rapat koordinasi (rakor) dengan Dinas Perhubungan (Dishub) dan instansi lainnya, Gapasdap Kaltara sudah menyatakan siap menambah armada.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1590 votes

Adapun penambahannya yakni 3 armada dari Tarakan dan 3 Armada di Tanjung Selor.

Baca Juga :  Dua OPD Pemprov Kaltara Paling Produktif Tahun Ini

“Namun tetap akan menyesuaikan jumlah penumpang juga,” katanya, Rabu (19/4/2023).

Penerapannya pun sudah akan dimulai pada Minggu ini. Namun, tak semua armada yang dipersiapkan akan langsung melayani pelayaran penumpang. Pihaknya masih akan kembali memantau jumlah lonjakan penumpang. Apabila ada lonjakan yang begitu signifikan, maka armada yang dipersiapkan akan langsung dipersiapkan.

Baca Juga :  Baznas Kaltara Siapkan 18 Ton Beras untuk Mustahik

“Saat ini penambahan baru rute Tarakan dan Tanjung Selor. Kalau hingga saat ini rute lain belum ada penambahan,” sambung Bayu.

Sementara untuk rute lainnya pihaknya juga berencana akan melakukan penambahan armada juga jika dirasa perlu.

Tercatat, jumlah armada yang tergabung dalam Gapasdap Kaltara berjumlah 22 armada. Semuanya sudah siap melayani masyarakat yang melakukan mudik maupun arus balik.

Baca Juga :  Gubernur Optimis Realisasi Penggunaan Anggaran Tahun 2024 Lebih Baik dari Sebelumnya 

“Untuk di hari H lebaran nanti akan dikonfirmasi kembali berapa armada yang akan beroperasi. Mungkin ada tapi nggak banyak. Biasanya 2 sampai 3 armada saja,” lanjutnya.

Berdasarkan data yang dihimpun, penumpang yang tiba lebih mendominasi di Pelabuhan Tengkayu I. Per 17 April 2023 kemarin jumlah penumpang yang tiba mencapai 2.116 penumpang dibandingkan penumpang yang berangkat sebanyak 1.612. (*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *