Penanganan Longsoran Jalan Gunung Selatan Prioritas PUPR Kaltara

benuanta.co.id, Bulungan – Ruas jalan Gunung Selatan yang berada di Kecamatan Tarakan Tengah, Kota Tarakan mengalami kerusakan yang cukup serius. Bahkan diperparah dengan adanya longsoran .

Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPR Perkim) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) mengupayakan adanya perbaikan. Dalam tinjauan Kepala Dinas PUPR Perkim, Kaltara Ir. Helmi ke lokasi mengatakan penanganan Jalan Gunung Selatan akan diprioritaskan.

“Penanganan Jalan Gunung Selatan di Tarakan itu tetap kita anggarkan di tahun 2024,” ungkap Helmi kepada benuanta.co.id Selasa, 11 April 2023.

Jika dilakukan pekerjaan di tahun 2023, pos anggarannya pun belum ada. Maka cara lain jika ingin dikerjakan maka harus ada status kebencanaan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Tarakan.

“Kalau dibilang bencana alam, maka itu harus ada dampak sosial ke masyarakat. Tapi itukan belum ada, hanya longsor biasa makanya kita tangani di tahun 2024,” tuturnya.

Pantauannya untuk Jalan Gunung Selatan, maka harus ada penanganan berupa pasangan batu dan bronjong. Di mana perkiraan ke dalaman longsoran mencapai 8 hingga 10 meter.

“Nanti akan dilakukan penanganan berupa pasangan bronjong. Jalan ini memang masuk dalam penanganan kita,” terang mantan Plt Kepala Bappeda Litbang Provinsi Kaltara ini.

Dia mengatakan anggaran yang dibutuhkan dalam penanganan longsoran jalan Gunung Selatan itu mencapai Rp 5 miliar lebih. Selain itu, di tahun 2024 yang masuk dalam daftar untuk dijadikan prioritas adalah Jalan Gajah Mada.

“Begitu juga Gajah Mada kita lakukan di tahun 2024, itu ada penanganan drainase,” pungkasnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1923 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *