Waspada Hujan Petir Dini Hari, Ini Perkiraan Cuaca BMKG untuk Kaltara

benuanta.co.id, TARAKAN – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tarakan mengeluarkan prediksi cuaca Ahad, 9 April 2023. Pada prakiraan cuaca hari ini, wilayah Kaltara masih didominasi oleh cuaca yang cenderung berubah-ubah dengan prakiraan suhu 22 hingga 32 derajat celcius.

Berdasarkan rilis cuaca yang diterima oleh Benuanta, pada pagi ini masih terdapat hujan ringan di wilayah Tanjung Selor. Sementara untuk Nunukan dan Tarakan diperkirakan berawan. Lalu untuk Malinau dan Tana Tidung diperkirakan cerah berawan.

Masuk pada siang hari nanti, kelima wilayah di Kaltara diperkirakan akan cerah berawan hingga sore hari.

“Pada malam hari itu wilayah Tanjung Selor dan Tarakan diprediksi masih cerah berawan. Namun terdapat prediksi hujan ringan di Tana Tidung, hujan petir di Malinau. Sementara wilayah Nunukan sendiri diprediksi berawan pada malam hari ini,” urai Prakirawan on Duty BMKG Tarakan, Danurahni Aryashta.

Baca Juga :  Dua Jamaah Haji Kaltara Wafat di Tanah Suci

Memasuki dini hari, tepatnya pada Senin (10/4/2023) sekira pukul 02.00 WITA hujan petir diperkirakan terjadi disebagian besar wilayah Kaltara. Untuk Nunukan sendiri diprediksi cerah berawan.

BMKG juga menerbitkan warning untuk wilayah Krayan, Lumbis Pasiangan, Lumbis Hulu, Malinau Selatan, Malinau Selatan Hilir, Sesayap, Malinau, Lumbis, Peso, Tana Tidung, Malinau Selatan Hulu, Peso Hilir, Sekatak, Tanjung Palas Timur, Tanjung Palas Utara, Tulin Onsoi, Tarakan, Tanjung Selor, Lumbis Ogong dan sekitarnya yang akan diperkirakan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada sore menjelang dini hari.

Baca Juga :  Kondisi Hujan di Kaltara Dipengaruhi Gelombang Rossby Ekuatorial 

Warning juga diterbitkan untuk risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran diantaranya perahu nelayan (Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m). Kapal Tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m), kapal Ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m), kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar (Kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m).

Baca Juga :  Dugaan Ijazah Palsu, Kepala Sekolah dan Seorang Muridnya Segera Dipanggil Dirkrimum Polda Kaltara

“Untuk prakiraan ketinggian gelombang itu arah angin Barat Laut hingga Timur Laut memiliki kecepatan 2 sampai 10 knots dengan tinggi Gelombang 0.1 hingga 0.5 meter. Sementara pada Perairan Sulawesi Bagian Barat, arah angin Barat laut ke Utara memiliki kecepatan angin 8 sampai 20 knots dengan tinggi gelombang 1.25 hingga 2.5 meter,” pungkasnya.(*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2115 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *