Armada Angkutan Lebaran Mulai Dilakukan Ramp Check

benuanta.co.id, Bulungan – Pastikan armada baik untuk transportasi darat maupun transportasi laut, laik pakai dan aman digunakan saat mudik. Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) melaksanakan inspeksi keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan (Ramp Check) angkutan lebaran tahun 2023. Dalam hal ini, Dishub Kaltara menggandeng kepolisian, jasa raharja, Perum Damri dan lainnya.

Kepala Dishub Provinsi Kaltara, Andi Nasuha mengatakan kesiapan untuk melayani masyarakat untuk mudik telah mencapai 100 persen. Khususnya untuk angkutan darat, yang siap melayani masyarakat hanya satu yakni Perum Damri Cabang Tanjung Selor.

“Operator yang menangani hanya Perum Damri, armadanya ada 8 unit siap beroperasi. Saat ramp check pagi ada 4 unit semua laik jalan,” ucap Andi Nasuha kepada benuanta.co.id pada Kamis, 6 April 2023.

Bahkan untuk menjamin pengemudi bus damri, telah dilaksanakan pengecekan urine di mana didapati semua hasilnya negatif. Begitu saat operasional, saat mengemudikan kendaraan saat lelah akan digantikan dengan pengemudi cadangan.

“Yang jelas driver (sopir) kita siap 100 persen, apalagi hasil cek urine semuanya negatif,” sebutnya.

Selain ramp check bus Damri, pihaknya mulai beberapa hari lalu juga telah melaksanakan ramp check terhadap armada speedboat yang bekerjasama dengan jasa raharja, Gapasdap dan lainnya.

“Kita sudah laksanakan ramp check untuk angkutan perairan itu di Pelabuhan Tengkayu 1. Ini lanjut ke pelabuhan Liem Hie Djung Nunukan dan menyusul pelabuhan Kayan II,” tuturnya.

Pihaknya telah menekankan kepada pengusaha speedboat soal keselamatan pelayaran dan sistem navigasi yang baik. Terpenting, kata dia, kondisi speedboat harus baik dan laik.

“Makanya kami minta saat ada lonjakan penumpang agar menambah armada, walaupun memang mereka ini kekurangan speedboat cadangan,” kata Andi Nasuha menambahkan.

Untuk pelabuhan yang diharuskan melaksanakan ramp check di antaranya rute Tarakan-Tanjung Selor, Tarakan-Tanah Kuning, Tarakan-Sebuku, Tarakan-Sebatik, Tarakan-Nunukan, Tanjung Selor-Bunyu, Tanjung Selor-Nunukan, Tarakan-Malinau dan Tarakan-Tana Tidung.

“Yang jelas ada 9 pelabuhan yang ramp check,” pungkasnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1962 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *