Dispar Kaltara Berhasil Tambah Satu Desa Wisata ke Nominasi Penghargaan Adwi 2023

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) kembali berhasil memasukan salah satu destinasi wisatanya ke dalam nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Diketahui baru-baru ini, Dinas Pariwisata (Dispar) Kaltara berhasil membuat Destinasi wisata Pantai Tanah Kuning, di Kecamatan Tanjung Palas Timur, menjadi salah satu desa di Kalimantan Utara (Kaltara) yang masuk nominasi ADWI 2023.

Di tahun 2022 lalu, Dispar Kaltara juga berhasil membuat Desa wisata Pulau Sapi Kabupaten Malinau, berhasil masuk nominasi 50 besar Adwi.

Baca Juga :  Kegiatan IFF, Gubernur dan Dispar Kaltara Promosikan Sektor Pariwisata 

Atas capaian ini Kepala Dispar Kaltara,Njau Anau punmemberikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam pembangunan destinasi wisata Pantai Tanah Kuning,

“Tentunya hal ini merupakan prestasi baru bagi Pemprov Kaltara, karena kita kembali berhasil dapat penghargaan Adwi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf),” kata Njau Anau pada Rabu 05 April 2023.

Ia mengungkapkan dari 5 Desa Wisata yang diajukan oleh Dispar Kaltara, hanya Desa Tana Kuning saja yang berhasil lolos memenuhi kriteria panitia pengghargaan Adwi.

Desa Tanah Kuning, Sumantipal dan Setulang dan Desa Wisata lainnya. Tapi hanya Desa Tana Kuning saja yang berhasil melaju hingga tembus 75 besar nominasi Adwi, sehingga kita pun patut bersyukur atas pencapaian ini,” ujarnya.

Baca Juga :  Dispar Kaltara Sebut Pramuwisata Profesi Menjanjikan

Atas capaian ini Njau Anau pun berharap agar hal ini sekiranya bisa menjadi motivasi tambahan bagi pihaknya, agar bisa membuat Desa wisata Kaltara meraih penghargaan dalam ajang Adwi yang dilaksanakan oleh Kemenparekraf.

“Kita harapnya di tahun depan bisa membuat setidaknya 2 atau 3 Desa wisata dapat penghargaan Adwi. Mengingat selama dua tahun ini, kita hanya bisa meloloskan satu Desa Wisata,” lanjutnya lagi.

Baca Juga :  Kegiatan IFF, Gubernur dan Dispar Kaltara Promosikan Sektor Pariwisata 

“Hal ini memang sangat sulit, karena syarat dan kriteria yang sangat banyak dan ketat. Tapi bagaimanapun juga, kita harus bisa membangun Desa dari potensi wisata kita,” pungkasnya. (Adv)

Reporter : Osarade

Editor: Nicky Saputra 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2115 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *