Siapkan SDM Guru SMK di Lumbis Ogong

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Tindak lanjuti rencana pembangunan sekolah baru di wilayah 3 T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal). Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), mulai menyiapkan guru untuk bertugas di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Lumbis Ogong, Kabupaten Nunukan.

Diungkapkan oleh Kepala Disdikbud Kaltara, Teguh Henri Sutanto, tahun ini pihaknya tidak hanya menyiapkan gedung untuk SMK Perkebunan, di Lumbis Ogong. Tapi juga akan menyiapkan tenaga didik untuk mengajar di SMK tersebut.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1562 votes

“Kita tidak akan membukan rekrutmen untuk tenaga guru di SMK itu, karena kita sudah menentukan dan menyiapkan para tenaga guru yang sudah ada untuk mengajar di SMK itu, nantinya,” kata pria yang akrab disaha Teguh pada Rabu 05 April 2023.

Baca Juga :  Disdikbud Kaltara Buka PPDB di SMA 5 Tahun Ini

Dimaksudkan oleh Kepala Disdikbud Kaltara itu ialah, pihaknya akan menarik tenaga guru yang ada di sekolah yang memiliki kouta guru berlebih.

“Ada 3 jenis guru yang akan kita ambil yakni, guru produktif guru yang menguasai keterampilan teknis, guru adaptif guru yang mengajarka fisikan, matematika dan kimia lalu ada guru normatif yakni guru yang mengajarkan pelajaran umum,” lanjutnya lagi.

Baca Juga :  Disdikbud Kaltara Buka PPDB di SMA 5 Tahun Ini

“Nah, guru adaptif dan guru normatif inilah yang akan kita suplai dari sekolah-sekolah yang kelebihan guru. Jadi guru di sekolah itu akan kita pindahkan untuk mengajar di SMK Lumbis Ogong,” terangnya.

Selain menyuplai guru dari sekolah yang kelebihan guru, Disdikbud Kaltara juga akan menarik guru yang tidak lolos dalam seleksi penerimaan Pegawai Pemerintah Perjanjian Kontrak (PPPK) tahun 2022 lalu.

Baca Juga :  Disdikbud Kaltara Buka PPDB di SMA 5 Tahun Ini

Di mana peserta yang tidak lolos seleksi PPPK itu, akan menjadi guru cadangan untuk ditarik mengajar di SMK Lumbis Ogong.

“Kan kita masih ada cadangan dari peserta yang tidak lolos PPPK kemarin, jadi merekalah yang selanjutnya kita siapkan untuk mengisi kekosongan guru di SMK itu. Makanya sampai saat ini kita tidak membuka rekrutmen guru di SMK Lumbis Ogong,” pungkasnya. (*)

Reporter : Osarade

Editor: Nicky Saputra 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *