Mudik Lebaran 2023, Pelni Nunukan Prediksi Penumpang Meningkat 75 Persen

benuanta.co.id, NUNUKAN – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) memprediksi jumlah penumpang selama arus mudik lebaran tahun ini mencapai 2.000 orang atau naik 75 persen. Penumpang yang berada di Nunukan terbesar dari Sulawesi, Parepare dan Lombok.

Kepala Cabang Pelni Nunukan Junarto, mengatakan antisipasi lonjakan pemudik lebaran dilakukan Pelni dengan mengerahkan 2 armada kapal penumpang yakni KM Lambelu dan KM Bukit Siguntang, selama bulan April 2023 ini 8 kali berlayar.

Baca Juga :  283 Kades dan BPD di Nunukan Resmi Terima Perpanjangan Masa Jabatan

“Masyarakat Nunukan tidak perlu khawatir tidak kebagian tiket, kami juga melihat saat ini belum signifikan penumpang, karena masih sekitar 600 hingga 800 orang. Itu masih normal,” kata Junarto, kepada benuanta.co.id, Selasa (4/4/2023).

Prediksi lonjakan penumpang akan terlihat pada H-15 Idul Fitri yang bisa mencapai 1.000 lebih orang. Walaupun begitu, dia juga memastikan kapal yang mereka miliki sangat aman karena dapat menampung sebanyak 1.900 orang dan juga ada dispensasi penambahan penumpang.

Baca Juga :  286 Kades dan BPD di Nunukan Besok Terima Surat Perpanjangan Masa Jabatan

“Kami juga saat ini negosiasi dengan Pelni pusat terkait dispensasi penambahan penumpang, sesuai dengan surat berlayar yang diizinkan untuk berlayar sebanyak 1.900 orang nantinya akan bisa lebih dari 2.000,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan pihak terkait seperti KSOP Nunukan, ke polisian, pihaknya juga bekerja sama dengan TNI -AL.

Baca Juga :  Pembukaan Jalan Nunukan-Tana Tidung Menemukan Titik Terang

Terkait keselamatan penumpang juga sudah disiapkan pelampung dan juga sekoci atau perahu penyelamat dan rompi penolong (Life Jacket) dan lainnya, antisipasi jika terjadi sesuatu. (*)

Reporter: Darmawan

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2062 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *