Perketat Pengawasan Jelang Mudik, Bea Cukai Nunukan Siagakan Dua Anjing Pelacak

benuanta.co.id, NUNUKAN – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Nunukan tingkatkan pengawasan di sejumlah wilayah perbatasan aktivitas keluar masuk Nunukan dari Tawau, Malaysia jelang mudik lebaran 2023.

Kasi Pengawasan dan Penindakan KPPBC Nunukan, Kodratullah mengatakan peningkatan pengawasan tersebut dilakukan mengingat bakal meningkatnya aktivitas keluar masuk masyarakat ke Nunukan dari Tawau, Sabah – Malaysia.

“Untuk tahun ini kita akan lebih memperketat lagi pengawasan, karena perkiraan kita aktivas perlintasan akan meningkat,” kata Kodratullah kepada benuanta.co.id.

Dikatakannya, persiapan tersebut dengan menurunkan sejumlah personel, hal ini lantaran melihat kondisi mudik yang diduga juga kerap dimanfaatkan oknum tidak bertanggung jawab dengan menyelundupkan barang-barang terlarang secara ilegal masuk ke Nunukan terutama di jalur-jalur yang tidak resmi.

Baca Juga :  Imigrasi Dukung Rencana Pembangunan Kanwil Kemenkumham di Kaltara

“Selama ramadan ini pengawasan tetap kita jalankan, biasanya mereka ini menganggap petugas cuti, makanya untuk mudik ini kita perketat lagi,” katanya.

Ia mengatakan jika pengawasan akan dilakukan disejumlah titik di wilayah Nunukan, mulai dari wilayah Sebatik dan pelabuhan dan perairan perbatasan antar Indonesia-Malaysia.

Kodratullah juga menyampaikan, Kantor Wilayah DJBC Kalimantan Bagian Timur (Kalbigtim) akan mengerahkan Unit K9 (anjing pelacak) yang akan ditempatkan di Bea Cukai Nunukan baik di pelabuhan resmi dan tradisional dengan mengerahkan dua unit K9.

Baca Juga :  Rugikan Negara Rp 11,9 Miliar, Ini Vonis Ketiga Terdakwa Korupsi Irigasi Krayan

“Ada dua Unit K9 ini kita sudah minta untuk diturunkan dari DJBC Kalimantan Bagian Timur, jadi K9 ini akan ditemani petugas yang menangani khusus K9 untuk di Nunukan selama bulan ramadan,” ungkapnya.

Dijelaskannya, pemeriksaan menggunakan Unit K9 akan mendeteksi barang bawaan penumpang yang baru tiba dari Tawau dengan cara mengendus.

Selain itu, ia juga mengatakan jika pihaknya siap bersinergi dengan APH (Aparat Penegak Hukum) lainnya ketika menemukan hal-hal yang mencurigakan baik di dermaga-dermaga tradisional maupun resmi, pihaknya siap menurunkan K9 milik Bea Cukai untuk melakukan pengendusan. Yang mana, K9 telah dilatih khusus untuk mendeteksi narkotika.

Baca Juga :  Asrama Desa Sanal di Mansalong Terbakar, 10 Korban Alami Luka Bakar

“Kita terbuka dan siap membantu, jadi jika ada barang yang mencurigakan kemudian membutakan K9 untuk melakukan pengecekan kita siap turunkan,” jelasnya.

Ditambahkannya, saat ini pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah tim untuk melakukan pengamanana sesuai dengan tugas dan fungsi Bea Cukai Nunukan, selian itu nantinya Bea Cukai akan bergabung dengan tim di Posko Terpadu Tunon Taka nantinya yang dikoordinir KSOP Nunukan.(*)

Reporter: Novita A.K

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2115 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *