Melalui Pokir DPRD Kaltara, DPKP Bakal Dapat 2 Unit Ekskavator Tahun Ini

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Tahun ini Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), bakal melakukan pengadaan barang berupa 2 unit alat berat jenis ekskavator.

Dua unit ekskavator ini merupakan pokir dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kaltara, yang meminta DPKP Kaltara untuk memiliki ekskavator sendiri, agar bisa dipergunakan sebagai operasional pertanian.

“Ekstavator ini hasil dari pokir DPRD Kaltara, dimana nantinya pengadaan alat berat ini akan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah I atau APBD Murni,” kata Kabid Sarana-Prasarana DPKP Kaltara Ramadhani pada Ahad, 2 April 2023.

Meski dua unit ekskavator ini akan menjadi tambahan operasional kerja DPKP Kaltara, namun pada penggunaannya ekskavator ini nantinya akan dipergunakan untuk membantu petani dalam membuka lahan pertanian.

Seperti adanya permintaan Pemprov Kaltara ataupun petani melalui DPRD Kaltara, yang ingin membuka lahan pertanian baru.

“Jadi ke depan pemerintah ini memang sangat ingin memperluas lahan pertanian kita, sehingga dibutuhkannya eksavator ini. Karena alat utama dalam membuka lahan pertanian ialah eksavator,” lanjutnya lagi.

“Lalu jika ada petani yang ingin membuka lahan, juga bisa menggunakan eksavator ini melalui tebusan dari DPRD Kaltara, mengingat pengadaan alat berat ini juga merupakan hasil pokirnya DPRD Kaltara,” terangnya.

Sedangkan untuk waktu realisasi dan nominal angka anggarannya sendiri, Ramdhani membeberkan kalau rata-rata kegiatan DPKP tahun 2023 ini, mayoritas merupakan hasil dari pokir DPRD.

“Karena nominal anggaran kita kecil, jadi kebanyakan kita numpang kegiatan pada pokir DPRD, termasuk pengadaan alat berat ini juga yang merupakan kegiatan pokir DPRD,” pungkasnya.(*)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1962 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *