Dinas Pariwisata Launching Calender of Event Kaltara 2023

benuanta.co.id, Bulungan – Pelaksanaan Calender of Event (CoE) Kalimantan Utara (Kaltara) 2023 berjalan sukses yang digelar oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kaltara. Launching dilakukan di Pendopo Baru Lapangan Agathis Tanjung Selor pada Senin, 20 Maret 2023.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kaltara, Njau Anau mengatakan pelaksanaan CoE ini untuk membantu memulihkan ekonomi daerah, dengan membangkitkan promosi daerah melalui event-event daerah.

“Ini sekaligus mendukung gerakan nasional bangga berwisata di Indonesia, dengan tagline berwisata di Indonesia saja,” ungkapnya kepada benuanta.co.id, Senin 20 Maret 2023.

Guna menyemarakkan gerakan tersebut dibutuhkan kolaborasi elemen pentahelix dalam meningkatkan kualitas destinasi, atraksi dan membuat event-event menarik. Menampilkan inovasi dan kreativitas ntuk meningkatkan daya saing secara khusus di sektor pariwisata.

Baca Juga :  Gandeng Kemenparekraf untuk Kembangkan Ekraf di Desa Wisata Mangkaban

“Oleh karena itu, Pemprov Kaltara melalui Dinas Pariwisata meluncurkan Calender of Event Kaltara terdiri dari event-event daerah terpilih dari setiap kabupaten kota se-Kaltara,” paparnya.

Kata dia, usulan yang masuk ke Dispar Kaltara ada 34 event, setelah dikurasi ada 26 event unggulan. Dari unggulan itu terpilih lagi ada 12 top CoE Kaltara 2023.

“Dari 26 event ini dari Kabupaten Nunukan ada 2 event, Kota Tarakan ada 2 event, Kabupaten Tana Tidung ada 2 event, Kabupaten Malinau 6 event dan Kabupaten Bulungan ada 14 event,” tuturnya.

Dia merincikan untuk kategori Support Events di antaranya Kampung Ramadhan, Pesona Kicau Mania 2023, Rally Wisata “Jelajah Bulungan 2023″, Mancing Mania 2023, Ziarah Akbar, Kaltara Menyeduh, Bulungan Grand Pix, Bulungan Sultanate Fest 2K23 asal dari Bulungan. Lalu Upun Taka Fest 2K23 asal Tana Tidung, Ulang Tahun Desa Pulau Sapi, Ulang Tahun Desa Pulau Setulang, Pekan Promosi Budaya Desa Serindit, Karnaval Budaya & Ulang Tahun Desa Long Loreh dan Rame O’o Ajo asal Malinau serta Cross Border asal Nunukan.

Baca Juga :  Dispar Kaltara Gandeng Kemenparekraf Gelar Pelatihan Pemandu Wisata

Kemudian Grand Events ada event Iraw Adat Tidung Borneo Bersatu asal Nunukan, Festival Irau Tana Tidung, Irau Malinau, Festival Budaya Adat Dumud dari Tarakan, Cap Go Meh dan Festival Adat Sungai Kayan asal Bulungan. Lalu Ultimate Events ada Benuanta Fest 2K23, serta Mega Events terdiri dari Kaltara Motor Fest 2K23, Kaltara Begimpor 2K23 dan Musik Alam Fest 2K23 dari Bulungan serta Iraw Tengkayu Tarakan.

Baca Juga :  Dispar Kaltara Gandeng Kemenparekraf Gelar Pelatihan Pemandu Wisata

“Tiga di antaranya dari 26 event yang ada, masuk kedalam Top 100 Calender of Event Nusantara yaitu Musik Alam Fest 2K23 asal Bulungan, Iraw Tengkayu dan Gelar Adat Budaya Dumud dari Tarakan,” sebutnya.

Njau Anau mengatakan tujuannya sendiri sebagai salah satu sarana mempromosikan pariwisata serta meningkatkan perekonomian Kaltara. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2035 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *