BI Kaltara Kick Off Serambi 2023, 57 Titik Penukaran Uang Pecahan Baru Siap Layani Masyarakat

benuanta.co.id, TARAKAN – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Kalimantan Utara (Kaltara) menyelenggarakan agenda Kick off Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) 2023 di Kayan Hall, Hotel Tarakan Plaza, pada Senin (27/3/2023).

Kick off serambi 2023 ini merupakan launching agenda pelayanan penukaran uang bersama perbankan periode Ramadan dan Idul Fitri 1444 Hijriah. Kepala KPwBI Kaltara, Wahyu Indra Sukma menjelaskan, hal ini dilakukan Bank Indonesia untuk mengantisipasi kebutuhan transaksi masyarakat Kaltara terutama terkait uang pecahan baru.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2114 votes

“Untuk mengantisipasi kebutuhan transaksi tunai terkhususnya uang rupiah pecahan baru selama Ramadhan dan menjelang Idul Fitri, jadi kebutuhan uang naik 15 persen dari tahun lalu. Untuk hal ini KPwBI telah menyiapkan persediaan uang kartal sebesar Rp 922 Miliar. Jumlah ini cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat baik nominal atau pecahannya,” jelasnya

Baca Juga :  Lawan Hoaks, Gubernur: Teliti Menyerap Informasi

Kemudian Wahyu memaparkan, untuk titik atau tempat penukaran sendiri, ada sebanyak 57 titik, yang 42 tempat penukaran berkerja sama dengan pihak-pihak perbankan Kaltara. Sementara, 15 titik lainnya adalah kas keliling milik Bank Indonesia.

“Jadi kita juga berkerjasama dengan alat perbankan kaltara di empat kabupaten dan satu kota untuk memenuhi kebutuhan uang masyarakat, nanti bisa diakses juga melalui aplikasi kita,” imbuhnya.

Baca Juga :  Cuaca Panas Terik di Kaltara, Ini Penjelasan BMKG

Wahyu juga menjelaskan, untuk masyarakat yang ingin menukarkan uangnya dengan pecahan uang baru akan ada batasan nominal penukaran per-orang yang akan dilakukan oleh pihak Bank Indonesia.

“Jadi kalau untuk per-orang 1 pecahan itu 100 lembar, 1 pack lah istilahnya. Totalnya itu sekitar Rp 3.800.000. Untuk nominalnya sendiri adalah dari uang pecahan Rp 1.000 sampai Rp. 20.000,” ucap Wahyu.

Layanan penukaran uang pecahan baru Bank Indonesia perwakilan Kaltara.

Acara ini turut dihadiri Gubernur Kaltara melalui perwakilan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Kaltara, Dr. Bustan SE.,M.S.i. Wali Kota Tarakan, Dr. Khairul, M.Kes. Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), dan perwakilan Bank yang ada di Kaltara.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Kaltara, Dr. Bustan, saat menyampaikan sambutan Gubernur Kaltara menerangkan. Gubernur dalam sambutannya mengapresiasi BI yang terus berkerja menyokong optimalisasi transaksi pembayaran rupiah.

Baca Juga :  SO2 Letusan Gunung Ruang Tak Berdampak pada Cuaca di Kaltara

“Saya mengharapkan Serambi 2023 ini dapat memberikan edukasi dan sosialisasi untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk cinta bangga dan paham rupiah serta berbelanja bijak selama Ramadhan dan Idul Fitri,” terang Bustan.

Gubernur juga mengimbau kepada masyarakat agar belanja bijak dengan belanja sesuai kebutuhan. Cinta, bangga, dan paham terhadap rupiah, tidak menimbun pembelian, membudayakan belanja produk dalam negeri, dan mengalokasikan dana secara tepat dengan berhemat dan menabung.(*)

Reporter: Edo Asrianur

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *