Sinyal VSAT di Pulau Tias jadi Unlimited, Masyarakat Dapat Nikmati Layanan Internet

Tanjung Selor – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) terus berupaya agar seluruh wilayah 3T (Terluar, Tertinggal, Terdepan) di Kaltara dapat terkoneksi jaringan komunikasi dan internet.

Seperti di Pulau Tias yang merupakan permukiman nelayan yang terletak di Desa Tanjung Buka, Kecamatan Tanjung Palas Tengah, Kabupaten Bulungan, sejak tahun 2021 lalu terdapat beberapa titik lokasi di Pulau Tias sudah terkoneksi jaringan internet. Tepatnya di lokasi SMP Tias.

Baca Juga :  Gubernur Lepas Keberangkatan 439 CJH ke Baitullah

Di lokasi tersebut, telah terpasang Very Small Aperture Terminal/VSAT yakni parabola kecil menggunakan satelit untuk jalur jaringan internet.

Tahun 2022, Pemprov dalam hal ini Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Kaltara menambah titik akses internet dengan menambah unit VSAT dengan kuota di lokasi SD Tias.

“Untuk rencana tahun 2023 ini, VSAT yang ada di Pulau Tias akan kita tingkatkan akses internetnya, kita upgrade menjadi unlimited,” ujar Kabid Aplikasi Teknologi Informatika, DKISP Kaltara, Deddy Hariyadi.

Baca Juga :  Dorong Peningkatan PAD Melalui Produk Lokal

Deddy mengungkapkan selain dapat mengakses internet, VSAT juga dapat digunakan untuk telekomunikasi. “Itu kan terkoneksi internet, jadi bisa berkomunikasi menggunakan via WhatsApp atau WA,” katanya.

Untuk jaringan telekomunikasi/sinyal seluler yang menggunakan Global System for Mobile Communication (GSM), dirinya mengaku telah melakukan koordinasi dengan pihak penyedia yakni Telkomsel.

“Saya sudah ke sana, ke kantor pusat Telkomsel di Balikpapan. Pada intinya mereka siap membangun Base Transceiver Station (BTS), jika pengguna sudah mencapai 1.000 di daerah tersebut,” bebernya.(dkisp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *