Bapilum Nilai Lembaga Peradilan di Kaltara Sudah Sesuai Standar

benuanta.co.id, Bulungan – Kunjungan Direktorat Jenderal (Ditjen) Badan Peradilan Umum (Bapilum) Mahkamah Agung (MA) ke beberapa daerah di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) beberapa hari ini. Mengenai kunjungan ini, pihaknya mendapati lembaga peradilan di kabupaten kota telah memberikan pelayanan peradilan dengan baik ke masyarakat.

Direktur Jenderal Bapilum MA, Bambang Myanto mengatakan lembaga peradilan yang ada di Kaltara merupakan pengadilan yang memiliki cakupan yang cukup jauh dan terluar. Hal ini tentunya berbeda dengan pengadilan yang ada di luar Kalimantan yang mudah diakses.

“Pengadilan yang sudah saya kunjungi mulai dari Tarakan, Nunukan, Malinau dan Tanjung Selor tentu saya sangat bangga karena mereka sudah memberikan pelayanan yang berstandar,” ucap Bambang Myanto kepada benuanta.co.id, Kamis 16 Maret 2023.

Bahkan, soal kinerja semua pengadilan yang ada di Kaltara memiliki kinerja yang sangat tinggi. Salah satunya Pengadilan Negeri Tanjung Selor, di tahun ini mencapai peringkat kedua secara nasional.

“PN Tanjung Selor peringkat kedua nasional dengan perolehan kinerja nilainya diatas 900 (penanganan perkara) dan ini hampir seluruh pengadilan di wilayah Kalimantan Timur,” tuturnya.

Disinggung tentang kenaikan tipe Pengadilan Negeri Tanjung Selor yang saat ini Kelas IB menjadi Kelas IA, Bambang mengatakan akan dilaksanakan secara bertahap terlebih saat ini MA tengah fokus membentuk Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) dan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

“Tahun lalu baru naik Kelas 1B, akan kita usahakan setelah Tipikor dan PHI berdiri,” pungkasnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2871 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *