Ikuti Panen Raya, Gubernur Kaltara Komitmen Majukan Pertanian Daerah

benuanta.co.id, MALINAU – Gubernur Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal Arifin Paliwang, mengapresiasi pertanian yang ada di Kabupaten Malinau. Hal ini diungkapkan Gubernur saat melakukan kunjungan kerja untuk merayakan panen raya bersama kelompok tani yang ada di Malinau.

Gubernur Zainal turut bangga lantaran hasil pertanian kelompok tani Malinau yang sangat subur dan berkuran besar.

“Saya kaget ketika melihat keladi yang baru dipanen oleh petani kita, karena sata liat ukurannya sangat besar dan sangat segar,” kata Gubernur Kaltara, Rabu, 15 Maret 2023.

Baca Juga :  Kolaborasi Bersama BUPK, DPKP Kaltara Gelar Program B2SA Goes To School

Melihat potensi pertanian yang ada di Kabupaten Malinau, ia berkomitmen untuk terus membantu petani Malinau dalam memajukan pertanian daerah.

“Kita ke sini juga dalam rangka memberikan bantuan bibit tani kepada para kelompok tani Malinau. Tentu kita berharap hal ini dapat lebih mengenjot hasil pertanian mereka dan lebih memakmurkan ekonomi kelompok tani,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kaltara, Heri Rudioni menambahkan, Pemprov Kaltara tidak hanya memberikan bantuan bibit kepada para kelompok tani. Namun juga akan memberikan bimbingan dalam membuat dan mengelolah elisator biosoka.

Baca Juga :  DPKP Kaltara Dorong Pelajar Ambil Beasiswa Perkebunan Kelapa Sawit

“Elisitor biosoka merupakan singkatan dari Soko Alam, Kembali ke Alam atau dari Alam Kembali ke Alam. Di mana dalam proses pembuatannya harus mengggunakan berbagai jenis rerumputan, untuk dilarutkan dan dijadikan kembali pupuk tanaman pertanian,” kata Heri.

“Sehingga dalam prosesnya nanti petani bisa memgurangai penggunaan pupuk biasa 50 persen hingga 90 persen. Sehingga petani tidak lagi perlu banyak membeli pupuk. Selain itu kelebihan dari biosoka ini juga dapat mengusir hama, sehingga membuat hasil tani lebih subur,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :  Kolaborasi Bersama BUPK, DPKP Kaltara Gelar Program B2SA Goes To School

Reporter: Osarade

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2851 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *