DPKP Kaltara Berikan 2 Ton Bibit ke Petani Malinau

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) dan DPKP Kabupaten Malinau, siapkan 2 ton bibit pertanian untuk bantu petani di Kabupaten Malinau.

Saat dikonfirmasi Kepala DPKP Kaltara, Heri Rudiono mengatakan di Kabupaten Malinau ada 3 kali masa panen dalam periode 12 bulan kalender. Sehingga dalam mendukung hasil pertanian di Malinau, pihaknya akan memberikan 2 ton benih padi kepada kelompok tani yang ada di Malinau.

“Sekitar 1.200 Kg dari kita di provinsi dan 800 Kg dari DPKP Kabupaten Malinau. Di mana nantinya benih padi ini akan dibagikan secara bertahap kekelompok tani,” kata pria yang akrab disapa Heri, Senin, 13 Maret 2023.

Baca Juga :  DPKP Kaltara Dorong Pelajar Ambil Beasiswa Perkebunan Kelapa Sawit

Selain membagikan benih padi, nantinya DPKP Kaltara juga akan memberikan bantuan bibit-bibit pertanian lainnya seperti bibit sayur, bibit cabai dan bibit pertanian lainnya.

Besarnya jumlah benih pertanian yang diperbantukan oleh DPKP ini, dikarenakan saat ini Kabupaten Malinau merupakan daerah dengan hasil pertanian terbesar di Kaltara.

“Jadi kita tidak akan membantu petani lama, tapi bibit-bibit ini nantinya juga akan kita gunakan untuk membantu masyarakat yang baru memulai bertani. Artinya kita juga akan memperluas lahan pertanian kita dengan membantu bibi tani kepada kelompok tani dan masyarakat biasa,” terangnya.

Baca Juga :  Kolaborasi Bersama BUPK, DPKP Kaltara Gelar Program B2SA Goes To School

Jika nantinya pertanian di Kabupaten Malinau memasuki masa panen, nantinya panen itu akan dilakukan bersama Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara, sekaligus untuk memberikan bantuan bibit secara langsung kepada kelompok tani.

“Jadi setiap panen baru kita kasih bibit taninya, tidak sekaligus. Kenapa secara bertahap, itu karena masa panen yang ada di Malinau hanya 3 kali saja dalam satu tahun,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :  Kolaborasi Bersama BUPK, DPKP Kaltara Gelar Program B2SA Goes To School

Reporter: Osarade

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2854 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *