Barang Bawaan Penumpang di Sebatik Diendus K-9, Cegah Penyeludupan Narkotika dan Bahan Peledak

benuanta.co.id, NUNUKAN – Bea Cukai Kalbagtim Balikpapan dan Bea Cukai Kabupaten Nunukan melakukan pemeriksaan barang bawaan penumpang pelintas batas dan calon penumpang speedboat rute Sebatik – Tarakan dengan menggunakan pendeteksi anjing pelacak jenis K-9 anti narkoba dan bahan peledak.

Pemeriksaan barang bawaan penumpang itu juga melibatkan dari Kodam VI Mulawarman bersama Babinsa Koramil 0911-02 Sebatik.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2117 votes

Kata Anggota Koramil 0911-02 Sebatik, Serda Gatut S, kegiatan ini bertujuan memeriksa barang bawaan calon penumpang speedboat dan penumpang lintas batas dari Malaysia dengan menggunakan unit anjing pelacak Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) unit K-9 anti Narkoba dan bahan peledak.

Baca Juga :  Kabar Penculikan Anak di Nunukan Hoaks

“Jadi ini tujuannya untuk mengantisipasi barang-barang yang berbahaya termasuk narkotika yang bisa saja masuk di wilayah kita di perbatasan,” kata Gatut S, Ahad (12/3/2023).

Lanjut dia, upaya untuk mencegah masuknya peredaran narkoba melalui Pulau Sebatik dan bahan peledak lainnya. Maka anjing jenis K9 milik Bea Cukai ini dikerahkan lantaran mempunyai kemampuan untuk mendeteksi Narkoba dan bahan bahan peledak lainnya seperti detonator dan serbuk mesiu.

Baca Juga :  Terindikasi CPMI Non Prosedural, Imigrasi Tunda Keberangkatan Tiga Calon Penumpang ke Tawau

“Hasil kegiatan gabungan dengan anggota BC ini tidak ditemukan barang barang yang dicurigai atau terkait dengan hal yang mencurigakan tentang Narkoba,” jelasnya.

Walaupun begitu, kata Gatut, tidak mengenal kata bosan dan terus melakukan koordinasi dengan Bea Cukai yang ada di Sebatik untuk melaksanakan pendeteksian barang mencurigakan masuk dan keluar dari Nunukan. (*)

Baca Juga :  PKBM Lanuka Terus Fasilitas Hak Pendidikan WBP Lapas Nunukan 

Reporter: Darmawan

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *