Sepanjang 2022 Sebanyak 570.619 Wisatawan Melancong ke Kaltara

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) mencatat sepanjang tahun 2022 total wisatawan nusantara datang ke Bumi Benuanta mencapai 570.619 orang.

Diterangkan Analisis Kebijakan Ahli Muda Dinas Pariwisata Kaltara, Hamdayani wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Kaltara sepanjang tahun lalu mencapai 62.340 orang.

“Untuk wisatawan mancanegara sepanjang tahun 2022 kemarin tercatat melalui MPD mencapai 62.340 orang,” ungkapnya pada Kamis, 2 Meret 2023.

Ia menyebutkan bahwa wisatawan nusantara dan mancanegara sepanjang tahun 2022 lalu sering liburan ke Kota Tarakan dan Kabupaten Nunukan.

Baca Juga :  Dispar Kaltara Ingin Perda Bagi Hasil Destinasi Wisata Tak Beratkan Pengelola

Hamdayani menegaskan jumlah perolehan data tersebut berdasarkan hasil kerja sama Dispar dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltara.

“Perolehan angka tersebut hasil kerja sama kami dengan BPS. Kami juga sudah mengakomodir untuk menempat tim pendataan dari Dispar Kaltara di kabupaten kota berapa sih jumlah wisatawan nusantara dan mancanegara datang ke Kaltara,” ungkapnya.

Selama proses pendataan sepanjang tahun 2022 kemarin, pihaknya juga telah bekerja sama dengan para pengelola tempat objek wisata di kabupaten kota.

Baca Juga :  Nama Dispar Kaltara Dicatut Penipuan, Perangkat Desa Diminta Waspada

“Kita juga bekerja sama dengan beberapa pihak pengelola objek wisata yang telah menerapkan retribusi sehingga sangat mudah pendataan para pelancong atau wisatawan,” bebernya.

Lanjutnya, ada dua cara pendataan wisatawan mancanegara yang datang ke beberapa objek wisata kabupaten kota Kaltara sesuai arahan Kemenparekraf RI.

“Cara pertama melalui Mobile Position Data itu bekerja sama dengan Telkomsel yaitu mencatat pergerakan orang yang memasuki wilayah tertentu melalui nomor handphone. Kemudian ke dua melalui pendataan pintu masuk imigrasi jadi itulah metode yang digunakan untuk mencatat wisatawan mancanegara,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :  Dispar Kaltara Ingin Perda Bagi Hasil Destinasi Wisata Tak Beratkan Pengelola

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2903 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *