Januari 2023 Presiden Jokowi Dijadwalkan Kunjungi Pembangunan KIPI

benuanta.co.id, BULUNGAN – Pastikan progres tetap berjalan sebelum dikunjungi Presiden Joko Widodo, pembangunan kawasan industri dan pelabuhan internasional (KIPI) di Desa Mangkupadi Kecamatan Tanjung Palas Timur terus digenjot dan diawasi oleh pemerintah.

Seperti yang dilakukan oleh Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang pada hari Sabtu 24 Desember 2022 melakukan monitoring pekerjaan di beberapa titik di sepanjang pantai Tanah Kuning Mangkupadi.

“Pantauan saya pembangunan KIPI sudah berjalan. Mudah-mudahan Insya Allah di bulan Januari 2023 bapak Presiden akan hadir di Tanah Kuning Mangkupadi untuk melihat perkembangan selama 1 tahun (setelah groundbreaking),” ujar Zainal kepada benuanta.co.id, Senin 26 Desember 2022.

Baca Juga :  Pemprov Kaltara Harap Dukungan Swasta untuk Pengembangan Produk TTG

Dia mengatakan hasil monitoring itupun akan dilaporkan kepada pemerintah pusat jika pembangunan sejak di groundbreaking pada 21 Desember 2021 lalu kini telah berjalan dengan 3 pengelola kawasan yakni PT Kalimantan Industrial Park Indonesia (KIPI), PT Kayan Patria Propertindo (KPP) dan PT Indonesia Strategis Industri (ISI).

“Jadi untuk Januari itu belum tahu tanggal pastinya, yang jelas pak presiden sudah 2 kali mengatakan akan datang lagi ke Kaltara,” bebernya.

“Makanya saya kemarin mendahului untuk melihat secara langsung bagaimana kemajuan progres yang telah dilakukan oleh pengelola kawasan,” sambungnya.

Baca Juga :  Dengarkan Aspirasi Nelayan, KNTI Apresiasi Respons Cepat Gubernur Zainal

Dia mengatakan jika kedatangannya langsung melihat pembangunan pelabuhan jetty yang kini tengah berproses penambahan panjang jalan menuju arah laut. Dimana sampai saat ini terus dikerjakan untuk mendapatkan panjang yang ideal.

“Saya kemarin ke PT KAI, termasuk ke pembangunan jalan ke pelabuhan sekarang ini sudah 800 meter dari bibir pantai sampai ke laut,” tuturnya.

Jika tak ada halangan, panjangnya akan kembali bertambah hingga akhir tahun mencapai 850 sampai 900 meter. Sedangkan pelabuhan yang ada diujung Kampung Baru, saat ini dibangun pemecah gelombang setelah itu baru dilaksanakan pembangunan.

“Jadi untuk pelabuhannya sekarang dibuat break water dan setelah itu melakukan pemancangan,” terangnya.

Baca Juga :  Gubernur Dukung dan Restui PWI Kaltara Mengikuti Porwanas 2024 di Banjarmasin

Mantan Wakapolda Kaltara ini menambahkan, sebelum kedatangan Presiden Jokowi. Menteri Koordinator Bidang Kamaritiman dan Investasi (Menko Marves) Republik Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan akan berkunjung terlebih dulu.

“Sebelum presiden, didahului pak Luhut dan pak Menteri Perhubungan melihat perkembangan progres pelabuhan yang dibangun,” pungkasnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2701 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *