Mabida Kaltara Minta Seluruh Jajaran Kwarda Memajukan Pramuka di Kaltara

benuanta.co.id, BULUNGAN – Usai dilantik menjadi Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Kalimantan Utara (Kaltara) oleh Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Budi Waseso, Gubernur Kaltara, Drs. Zainal Arifin Paliwang melanjutkan dengan melantik Pengurus Lembaga Pemeriksa Keuangan Gerakan Pramuka Kaltara masa bakti 2019-2024.

“Alhamdulillah, saya ucapkan selamat kepada segenap pengurus Mabida, ketua dan anggota Kwarda serta LPK Gerakan Pramuka Kaltara, yang baru dilantik,” ucap Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang kepada benuanta.co.id, Sabtu 24 September 2022.

Dirinya berharap, agar seluruh jajaran pengurus dapat mengemban amanah dan siap bertanggung jawab dengan baik demi kemajuan dan kejayaan Gerakan Pramuka Kaltara. Dirinya menyadari, Kwarda Kaltara merupakan kwarda pamungkas atau yang termuda dan baru dibentuk pada tahun 2014 lalu.

“Tentu perlu dukungan dan bimbingan dari Kwarnas untuk membantu pengembangan gerakan pramuka di wilayah perbatasan. Apalagi kita ketahui bahwa Kaltara secara geografis berbatasan langsung dengan Malaysia,” tuturnya.

Baca Juga :  Masuki Usia 3 Tahun, Korem 092 Maharajalila Terus Berbenah Diri

Mantan Wakapolda Kaltara ini menjelaskan, gerakan pramuka dapat menjadi pionir potensial bangsa dan negara dalam mengembangkan karakter pemimpin yang mandiri dan visioner. Sehingga pramuka mampu mencetak seseorang yang kreatif dan inovatif dalam memajukann suatu bangsa dan negara.

“Kita ketahui bersama, bahwa tantangan dan kondisi permasalahan generasi muda semakin kompleks, sehingga diperlukan peran serta berbagai pihak termasuk di dalamnya peran gerakan pramuka dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut,” bebernya.

Hal ini sesuai dengan Satya Pramuka kedua yang berbunyi “Menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat. Kata dia, letak Provinsi Kaltara di wilayah perbatasan, juga memiliki tantangan tersendiri dalam hal menumbuhkan dan menjaga rasa kebangsaan dan cinta tanah air di kalangan generasi muda. Untuk itu, perlu kita ingat bersama bahwa pramuka memiliki tugas dan peran strategis untuk memastikan nilai kebangsaan generasi muda di perbatasan tidak luntur,” paparnya.

Zainal menuturkan, tujuan mulia pendidikan kepramukaan untuk membentuk kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, mempunyai kecakapan, taat hukum dan disiplin.

Baca Juga :  Ketua DPW PKB Kaltara Minta Seluruh Kader Rapatkan Barisan dan Solid

Hal itu menjadi modal spirit untuk terus berkarya dan berbakti, terlebih dalam menyongsong perkembangan dunia saat ini dengan kemajuan teknologi dan sistem digital, karakter individu akan menjadi penentu apakah kemajuan teknologi tersebut berdampak positif atau negatif.

“Selaku pengurus dalam gerakan pramuka, kita harus dapat hadir dan membekali anak didik menjadi manusia yang memiliki karakter yang bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri,” ujarnya.

Lanjutnya, perlu upaya untuk meningkatkan inovasi kegiatan dan materi pelatihan serta pemberdayaan Kwarda Kaltara yang sistematis, terencana dan berkelanjutan.

Dirinya berharap dengan pelantikan ini, memantapkan organisasi, sistem manajemen dan merupakan upaya sumber daya, yang mampu membangkitkan kembali gairah kegiatan kepramukaan di tingkat cabang.

“Melalui dedikasi dan perjuangan kakak-kakak semua segala bentuk tantangan, hambatan dan rintangan akan dapat terselesaikan dengan baik. Gerakan pramuka adalah salah satu solusi pembangunan karakter dan watak pemuda yang berkepribadian serta berbudi pekerti luhur, sehingga pemuda yang berjiwa nasional akan terwujud,” katanya.

Baca Juga :  Gedung Pelelangan Ikan di Pelabuhan Tengkayu II Belum juga Beroperasi

Dirinya selaku Ketua Mabida Gerakan Pramuka Kaltara, beserta jajaran pengurus Kwarda Kaltara menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada kakak pembina yang telah dan masih setia membina kaum muda melalui kegiatan kepramukaan dengan mengemban amanah sebagai mabida, pengurus kwarda dan LPK Gerakan Pramuka Kaltara pada masa bakti sebelumnya.

“Marilah kita semua saling mendukung dan menguatkan untuk bekerja membangun generasi muda demi meujudkan kaltara yang berubah, maju dan sejahtera,” ujar Zainal.

“Berusahalah sehebat-hebatnya untuk mengembangkan dan meluaskan gerakan pramuka kita. Sampai pada suatu ketika setiap anak dan pemuda serta pemudi kita dengan rasa bangga dan terhormat dapat menyatakan aku pramuka indonesia, dan pramuka indonesia dapat menjadi agen perubahan dan perilaku hidup sehat di tengah kehidupan global,” pungkasnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Matthew Gregori Nusa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × four =