Berawal dari Bakar Tilam, 5 Unit Rumah di Bulungan Ludes Terbakar

benuanta.co.id, BULUNGAN – Kebakaran yang terjadi di Jalan Manggis, Gang Beringin I RT 007, Kelurahan Tanjung Selor Hilir, melahap 5 unit rumah hingga rata dengan tanah. Kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 12.50 WITA.

Api pertama kali dilihat oleh Fandi yang juga sebagai korban kebakaran. Dia menuturkan awal mula api terbakar di rumah tetangganya yang bernama Samsul.

“Awal api muncul dari rumah Samsul. Saat itu Samsul membakar tilam di samping rumahnya,” ucapnya, Senin 27 Juni 2022.

Aksinya itu ternyata telah diingatkan oleh istri dari Samsul bernama Kasma, agar api yang membakar tilam itu dipadamkan. Ternyata permintaan itu tidak dilaksanakan, hingga akhirnya api menjalar dengan cepat sehingga membakar 5 rumah lainnya.

“Rumah yang terbakar rumah saya sendiri, rumah Samsul sendiri, Erong, Zul dan milik Viktor,” jelasnya.

Adanya kejadian itu, Satreskrim Polres Bulungan pun turun tangan melakukan penyelidikan dan identifikasi. Kepolisian juga telah memeriksa saksi-saksi dan korban.

“Tindakan yang kami ambil bersama BPBD, Damkar, Tagana, Babinsa, dan masyarakat melaksanakan pemadaman. Serta melakukan interogasi lisan terhadap saksi-saksi,” ujar Kasat Reskrim Polres Bulungan, IPTU Mhd Khomaini.

Dia mengatakan untuk korban yang bernama Samsul pun telah diamankan di tempat Ketua RT 007 karena masih syok dan belum bisa dimintai keterangan.

“Korban bernama Samsul saat ini masih mendapatkan tindakan medis dari tenaga kesehatan dikarenakan yang bersangkutan menghirup asap yang cukup banyak,” tuturnya.

Khomaini menuturkan, hasil pemeriksaan di lokasi kejadian, petugas menemukan bekas kasur yang terbakar, yang diduga penyebab awal api merembet ke rumah warga lain dengan ciri-ciri abu putih tanda awal titik api.

“Jadi ada 5 unit rumah dalam kondisi 4 terbakar habis dan 1 terbakar sebagian. Beruntung tidak ada korban jiwa,”

Pihaknya belum dapat menyimpulkan berapa kerugian materil yang diakibatkan oleh kejadian nahas tersebut. Adapun pihak-pihak yang terlibat dalam pemadaman di antaranya Kodim 0903/Bulungan, Tagana Bulungan, BPBD Bulungan, Pemadam Kebakaran dan personel Polres Bulungan.

“Kerugian materil masih dalam penyelidikan kami,” tutupnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi
Editor: Matthew Gregori Nusa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2081 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *