Persiapan Tempat Karantina, Rusunawa Diperkirakan Tampung 120 Orang

benuanta.co.id, BULUNGAN – Persiapan untuk penempatan pos karantina khusus, rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) di Jalan Sengkawit dibersihkan petugas gabungan dari berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bulungan, Imam Sujono mengatakan yang terlibat dalam pembersihan Rusunawa diantaranya BPBD, DLH, Satpol PP dan PMK, DPRKPP, Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bulungan.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1942 votes

“Pembersihan ini berjalan lancar, yang terlibat sekitar 180 orang berasal dari beberapa OPD Pemkab Bulungan,” ungkapnya kepada benuanta.co.id, Jumat 11 Februari 2022.

Kata dia, sebelum penempatan para pasien terpapar Covid-19 ini, maka ada beberapa penting yang harus dibenahi di Rusunawa tersebut, di antaranya yakni masalah air. Pasalnya, selama ini air yang berasal dari PDAM tidak lancar.

“Yang harus dibenahi itu masalah air, kemudian masalah kebersihan jika sudah bersih baru kita berbagi tugas. Ada 2 ruangan bawah itu satunya untuk Satpol dan BPBD, satunya lagi untuk Nakes dan alat kesehatannya,” jelasnya.

Imam Sujono menjelaskan Rusunawa ini sendiri memiliki 3 lantai, untuk itu pada lantai 1 ditempati para petugas. Pasalnya fasilitasnya juga lengkap terdapat ruang pertemuan dan ruangan ibadah. Kemudian lantai 2 dan 3 dikhususkan untuk pasien Covid-19.

“Jadi tinggal pengaturan saja, orang yang diisolasi disini jangan sampai kontak dengan kita para petugas. Makanya aksesnya hanya 1 tangga ditentah, tangga samping kiri dan kanan rusun dan pintu kanan kirinya disekat dan ditutup,” ucapnya.

Dia menambahkan kamar yang disiapkan cukup banyak, namun juga diakui terdapat beberapa kamar di Rusunawa itu kurang layak digunakan karena mengalami kerusakan.

“Perkiraan saya yang bisa ditampung sekitar 100 hingga 120 orang,” pungkasnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Matthew Gregori Nusa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *