Ekonom: Peningkatan IPM Kaltara Cukup Baik 

benuanta.co.id, TARAKAN – Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kalimantan Utara (Kaltara) menunjukkan peningkatan pengetahuan di tahun 2023 dalam memperoleh pendapatan, kesehatan, dan pendidikan, mencapai 0,03 persen yang artinya semakin meningkat.

IPM di Kaltara cukup baik, dalam peningkatan tersebut dapat tercatat dalam Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltara, dari segi pendidikan, umur panjang, dan angka kelahiran.

Pengamat ekonomi di Kaltara, Dr. Ana Sriekaningsih, S.E.,S.Th.,M.M menerangkan bahwa kebijakan pemerintah Kaltara tidak bergerak sendirinya, untuk mengembangkan ekonomi yang ada di Kaltara melalui Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Baca Juga :  Catat Tanggalnya! Pemprov Kaltara Berlakukan Penghapusan Denda PKB dan BBNKB

“Pemerintah Kaltara juga dibantu dengan adanya beberapa UMKM, Kaltara dari dinas perindustrian dan koperasi UMKM agar dapat memberikan pelatihan dan kesempatan produk untuk dipamerkan di festival,” ucap Ana, Kamis (11/7).

Namun, adanya kebijakan yang ada untuk UMKM Kaltara yang perlu dikembangkan dan diperhatikan agar dapat mengembangkan IPM melalui perekonomian Kaltara.

“Pemerintah Kaltara sangat memperhatikan dari UMKM dari banyaknya program segi instansi maupun institusi yang berkaitan pemberian dan perkembangan bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) agar meningkat,” jelasnya.

Baca Juga :  BPJPH Kembali Menegaskan Wajib Halal Telah Berlaku

Sementara itu, adanya angka statistik bahwa Kaltara menurun dari sisi pengangguran terutama bagi anak muda saat ini, dengan pengakuan banyaknya di tempat pendidikan perguruan tinggi, SMA, dan SMP, masih memilah dalam melihat kemampuan untuk bekerja.

“Jika angka terbilang masih adanya pengangguran dari tingkatan pendidikan tinggi sebaiknya memiliki kreativitas tidak menuntut mencari pekerjaan, sebaiknya dapat mengembangkan perusahaan atau mengelola sesuatu yang dapat menghasilkan, agar juga dapat mengembangkan perekonomian di kalangan anak muda saat ini,” tutupnya.(*)

Baca Juga :  Optimalkan pemanfaatan Asset Idle, Pertamina EP Luncurkan Aplikasi IDLEWISE

Reporter: Rewinda

Editor: Ramli

TS Poll - Loading poll ...
Coming Soon
Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
{{ row.Answer_Title }} {{row.tsp_result_percent}} % {{row.Answer_Votes}} {{row.Answer_Votes}} ( {{row.tsp_result_percent}} % ) {{ tsp_result_no }}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *