Bagikan Bansos ke Lansia, Ketua TP-PKK Kaltara juga Ikut Berjalan Kaki Temani Pelajar Perbatasan ke Sekolah

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Mengunjungi Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kaltara, Hj. Rahmawati Zainal, S.H., melakukan kegiatan bakti sosial.

Bakti sosial tersebut seperti memberikan Bantuan Sosial (Bansos) kepada Lansia, melakukan panen bersama KWT Kuncup Mekar Kecamatan Sebatik hingga menemani anak-anak perbatasan yang bersekolah sambil berjalan kaki.

Diungkapkan oleh Rahmawati sapaannya, kegiatannya ini merupakan salah satu agenda TP-PKK Kaltara dalam menjalin silaturahim bersama anggota TP-PKK Daerah sekaligus menyapa masyarakat khususnya anak-anak, Ibu Rumah Tangga (IRT) dan Lansia.

“Sebelumnya kita sudah melaksanakan kegiatan yang sama di Kabupaten Bulungan dan Kabupaten Malinau, kita juga memberikan Bansos kepada korban musibah kebakaran dan keluarag kurang mampu. Dan kini kita kembali melanjutkan kegiatannya di Sebatik yang merupakan wilayah perbatasan,” Kata Rahmawati, Ahad (9/6/2024).

Baca Juga :  Jelang Pilkada, Bawaslu Kaltara Awasi Pemutakhiran Data Pemilih 

Di sela-sela kegiatannya, Rahmawati mengaku sangat senang dapat membantu langsung para Lansia yang ada di Sebatik. Menurutnya Lansia merupakan orang tua yang harus dijaga baik di lingkungan sekitar atapun secara kebutuhan gizi dan kesehatannya.

“Kita harus pastikan para Lansia di Kaltara dapat kebutuhan gizi yang baik karena itu bagian utama dari kesehatan mereka dan saya pribadi merasa sangat senang karena diterima baik oleh mereka,” ujarnya.

Selain itu, Rahmawati juga melakukan kegiatan panen hasil tani jagung bersama ibu-ibu KWT Kuncup Mekar Sebatik. Di mana Rahmawati sangat mengapresiasi dan mendukung gerakan KWT dari Kuncup Mekar Sebatik dalam menajdikan pekarangan rumah menjadi lahan pertanian rumahan.

Baca Juga :  Atasi Over Kapasitas di Lapas Nunukan, Gubernur Zainal Bersurat ke Dirjen Kemenkumham

Ia berpendapat gerakan ini sangat inovatif dan menginspiratif karena dapat menjadikan lahan perkarangan rumah menjadi lahan yang bermanfaat secara ekonomis.

“Kita sangat mendukung dan siap membantu gerakan-gerakan seperti ini. Karena gerakan ini sangat bermanfaat dan membuat IRT jadi lebih inovatif, tidak hanya dapat menghemat kebutuhan pengeluaran saja. Tapi hasil tani menggunakan perkarangan ini juga bisa dimanfaatkan sebagai kebutuhan dapur hingga dijual lagi,” imbuhnya.

Terakhir Ketua TP-PKK Kaltara itu juga menyapa anak-anak perbatasan sembari menemani mereka bersekolah. Saat menemani para anak-anak itu, Rahmawati tidak mampu menyembuyikan kesedihan dan air matanya saat melihat anak-anak berjalan kaki dengan jarak yang sangat jauh hanya untuk bersekolah.

Baca Juga :  Turun ke Lapangan, Harga Rumput Laut Disorot Gubernur

“Makanya kita terus mendorong adanya langlah pembangunan jalan di perbatasan seperti yang dilakukan oleh pak Gubernur kita saat ini. Jujur saya sangat bangga dengan anak-anak kita yang tidak putus asa dan tetap bersemangat untuk sekolah meski harus berjalan kaki berkilo-kilo meter,” pungkasnya. (*)

Reporter : Osarade

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1967 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *