Kesbangpol Nunukan Pastikan Edukasi Pemasangan Bendera Terbalik

benuanta.co.id, NUNUKAN – Momen bendera Indonesia terbalik bukan pertama kali terjadi di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara). Kejadian itu kembali terjadi, yakni di salah satu halaman hotel yang ada di Nunukan pada Kamis, 6 Juni 2024.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Nunukan, Hasan Basri mengatakan ini menjadi tugas bersama untuk mengedukasi masyarakat. Karena fenomena bendera terbalik juga pernah terjadi di kantor pemerintahan dan baru-baru ini terjadi di salah satu halaman hotel.

Baca Juga :  Imigrasi Nunukan Pro Justucia 2 WNA

“Kita harus mengedukasi dan mensosialisasikan kepada masyarakat. Mereka juga tidak sengaja, saya yakin mereka juga tau bendera itu warnanya di atas merah dan bagian bawah putih,” kata Hasan Basri Jumat, 7 Juni 2024.

Menurutnya, kejadian itu hanya bagian dari kelalayan saat memasang bendera. Ia yakin, bila mendapatkan edukasi yang intensif, maka masyarakat akan mengikuti aturan-aturan yang telah diberlakukan.

Baca Juga :  Disdukcapil Dorong Masyarakat Alihkan Data ke KTP Digital

“Saat kita temui mereka tidak sengaja. Karena saat di berikan bendera merah putih mereka langsung pasang sendiri tanpa melihat dan memperhatikanya,” jelasnya.

Kata Hasan Basri, pihaknya akan mensosialisasikan pemasangan bendera merah putih yang benar, tidak sekedar pasang namun juga wajib memperhatikan warna bendera. Terlebih menurutnya pemasangan bendera sering diedukasi di tingkat pelajar.

Baca Juga :  Prevalensi Stunting di Nunukan Turun hingga 15,8 Persen

Hal ini perlu menjadi perhatian khusus, baginya Kabupaten Nunukan merupakan wilayah perbatasan yang sudah sepatutnya mengenal simbol negara sebagai semangat dari satu kesatuan berbangsa dan bernegara. (*)

Reporter: Darmawansyah

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1987 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *