Harga Jual Udang Windu di Kaltara Berangsur Membaik

benuanta.co.id, TARAKAN – Harga jual udang windu di Kalimantan Utara (Kaltara) berangsur membaik. Udang windu size 20 yang semula diharga terendah Rp 85 ribu, kini sudah mencapai Rp 210 ribu per kilo gramnya.

Salah satu petambak budidaya udang, Supardi mengatakan saat ini ia menjual udang size 15 dengan harga Rp 210 ribu perkilogram. Harga ini diakuinya membaik sejak 5 bulan yang lalu.

“Size 15 yang paling tinggi di Kaltara, ada juga size 20, 25. Tapi kalau saya jual itu size 15 sekarang harganya Rp 210 ribu,” katanya saat dikonfirmasi, Jumat (7/6/2024).

Sebelumnya, ia menjual hasil budidaya udang dihargai dengan Rp 155 ribu perkilogram. Angka tersebut pun tidak memuaskan dirinya sebagai petambak udang yang membutuhkan waktu cukup lama dalam budidaya. Adapun harga saat ini membaik secara bertahap meski tidak siginifikan.

Baca Juga :  PT MIP Gelar Off The Job Safety di Tarakan

“Dulu itu pas Rp 155 sempat naik Rp 10 ribu kemudian Rp 5 ribu lalu bertahan di harga Rp 180 ribu,” imbuhnya.

Menyoal ini, pihaknya menginginkan harga udang kembali normal seperti dahulu bahkan dapat menyentuh harga Rp 300 ribu untuk size 15. Namun, ia bersyukur saat ini pemerintah telah memperhatikan sedikit demi sedikit nasib pembudidaya udang.

“Kalau dulu harganya Rp 155 menangis semua petambak. Meski sekarang belum terlalu normal, ya kita harapkan bisa naik kembali harga udang seperti dulu diangka Rp 300 ribu,” tambahnya.

Beruntung, saat ini ia sedikit mendapatkan omzet dari penjualan udang hasil budidaya dari tambak miliknya yang ada di Muara Bulungan. Ia berterimakasih dan mengapresiasi pemerintah meski tak sebentar harga udang jatuh. Ia melanjutkan, dalam sekali budidaya memakan waktu sekitar 3 bulan. Sehingga sangat meresahkan jika harga udang tak dapat distabilkan.

Baca Juga :  Pertumbuhan Ekonomi Kaltara Diperkirakan Meningkat Tahun 2024

“Tapi harga udang ini beda-beda, tergantung pos penjualan dan berapa dapatnya sekali panen. Kalau ini kan yang saya budidaya udang Tiger (Windu) saat ini memang harganya sudah mulai normal,” tandasnya.

Sementara itu, salah satu pemilik pos penjualan udang, Iqbal mengakui adanya kenaikan harga jual udang windu. Namun, ia menegaskan tabel harga udang disetiap pos penjualan juga berbeda-beda. Size 20 ia menghargai dengan Rp 210 ribu perkilogram.

Baca Juga :  Khawatir Beras Dioplos, DKUKMPP Nunukan Turun ke Sebatik

“Memang ada kenaikan, kalau di wilayah perikanan mungkin harganya kurang lebih saja dengan punya saya. Karena harga udang sudah mulai membaik,” tuturnya.

Meski tidak naik secara signifikan, namun dipastikan harga udang ini semakin membaik dibanding tahun 2020 lalu. Adapun rincian harga udang miliknya, umumnya untuk size 20 Rp 210 ribu dan size 25 Rp 170 ribu.

“Size besar itu 15, 20, 25. Tapi kalau saya tidak ambil size 15,” singkatnya. (*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1923 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *