Rakor Pariwisata Diharapkan Tingkatkan Nilai Wisata Daerah

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) akan menggelar rapat kordinasi dan bimbingan teknis pengembangan, pelatihan dan pemasaran sektor pariwisata se-Provinsi Kaltara pada Juni 2024 ini.

Kepala Dispar Provinsi Kaltara Njau Anau mengatakan, pergeseran rapat koordinasi yang semula dijadwalkan pada Mei 2024, karena adanya agenda pesta pantai rakyat di Desa Pantai Tana Kuning pada Juni ini.

“Kita ingin menyatukan kegiatannya karena Rakor ini juga berhubungan dengan promosi pariwisata sehingga pesta pantai itu juga kita inginkan dapat menjadi gambaran para peserta dalam mempromosikan pariwisata daerah,” kata Njau Anau, Kamis (6/6/2024).

Baca Juga :  Kegiatan Budaya Lokal Kaltara Berpotensi jadi Daya Tarik Wisatawan

Rakor ini erat hubungannya dengan persiapan Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2025. Termasuk mempersiapkan penambahan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) pada setiap produk unggulan daerah.

“Karena pembimbingnya juga kita siapkan langsung dari Kemenparekraf RI, sehingga setiap perwakilan daerah yang ada di Kaltara kita undang untuk mengikuti Rakor ini. Lewat Rakor ini setiap perwakilan akan memiliki gambaran untuk mengembangkan desa wisata dan mempersiapkan diri untuk mengikuti ADWI 2025,” jelasnya.

Baca Juga :  Kegiatan Budaya Lokal Kaltara Berpotensi jadi Daya Tarik Wisatawan

Njau juga menambahkan, dalam pengembangan dan pemasaran pariwisata dan produk lokal unggulan daerah merupakan tanggung jawab dari masing-masing pemerintah daerah.

Dispar sendiri terus mendorong agar setiap pemerintah daerah dapat mengembangkan pariwisata unggulannya dan memberikan Bimtek kepada para pelaku UMKM dalam mengurus HKI.

“Kalau kita di provinsi hanya bersifat pembinaan saja, kecuali pariwisata itu memang punya Pemprov. Tapi karena pariwisata kita saat ini menjadi tanggung jawab dari masing-masing pemerintah daerah, jadi kita terus melakukan pembinaan dan salah satunya melalui Rakor ini,” tutupnya. (*)

Baca Juga :  Kegiatan Budaya Lokal Kaltara Berpotensi jadi Daya Tarik Wisatawan

Reporter: Osarade

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1909 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *