Alhamdulillah, Seluruh Jemaah Haji Kaltara Terpantau Sehat di Madinah

benuanta.co.id, TARAKAN – Hari ke-tujuh di Madinah, Arab Saudi, sebanyak 320 jemaah haji kloter 7 asal Kalimantan Utara (Kaltara) dikabarkan dalam kondisi sehat di tengah menjalani ibadah.

Kabar tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Jemaah Haji Kloter 7, Haji Mursal Noer Mustakim saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon. Ia mengatakan bahkan jemaah tertua yakni Hamida (85) terpantau dalam keadaan sehat.

“Karena kami selalu update. Tadi pagi saya mengikuti perjalanan beliau karena menggunakan kursi roda dan dorong sendiri oleh anaknya atau pendampingnya sendiri,”ujarnya.

Baca Juga :  Dengarkan Aspirasi Nelayan, KNTI Apresiasi Respons Cepat Gubernur Zainal

Hal ini disebabkan karena pihaknya rutin melakukan pengecekan kesehatan jemaah secara berkala guna memastikan kesehatan seluruh jemaah tetap baik-baik saja selama di Tanah Suci. Dikatakan Mursal, saat ini jemaah haji sedang berada di Madinah untuk melaksanakan sejumlah rangkaian ibadah di masjid Nabawi dan sebelumnya para jemaah juga melaksanakan ziarah ke masjid Quba dan Jabal Uhud.

“Alhamdulillah berjalan baik dan lancar. Kemarin juga sukses pelaksanaan ziarah ke Raudhah di masjid Nabawi,” terangnya.

Baca Juga :  Dengarkan Aspirasi Nelayan, KNTI Apresiasi Respons Cepat Gubernur Zainal

Disinggung mengenai cuaca, saat ini Madinah sedang mengalami cuaca panas sekitar 37 hingga 40 Derajat Celsius pada siang hari. Oleh karena itu, untuk jemaah haji khususnya yang lanjut usia, diimbau untuk menjaga kesehatan agar bisa menjalankan semua tahapan dan rangkaian haji dengan lancar.

Selain itu, pihaknya mengingkatkan jemaah untuk selalu meminum air putih. Dengan demikian jemaah dapat meminimalisasi dampak dari cuaca panas. Tak hanya itu saja, istirahat yang cukup pun dibutuhkan agar imunitas tetap terjaga, kemudian menjaga pola hidup sehat dan bersih.

Baca Juga :  Dengarkan Aspirasi Nelayan, KNTI Apresiasi Respons Cepat Gubernur Zainal

“Terakhir gunakan payung ketika panas dan membasahi wajah dengan handuk basah dan semprotan air. Untuk masyarakat Indonesia, khususnya di Kaltara doakan jemaah agar sehat dan bisa kembali ke Indonesia dalam keadaan sehat,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sunny Celine

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2703 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *