Dispar Kaltara Gelar Sertifikasi Kompetensi Pemandu Wisata

benuanta.co.id, TARAKAN – Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) menggelar sertifikasi kompetensi untuk pemandu wisata atau tour guide di Kaltara. Sertifikasi ini digelar pada 29 hingga 30 Mei 2024 di Hotel Harmonis Kota Tarakan.

Kepala Dispar Kaltara, Njau Anau mengatakan, sertifikasi ini merupakan salah satu program dari provinsi yang diikuti oleh perwakilan dinas pariwisata dari kabupaten kota di Kaltara. Tujuannya, agar Sumber Daya Manusia (SDM) lokal Kaltara mampu menjadi tour guide dan memperkenalkan objek wisata di Kaltara.

“Akhirnya mereka nanti sebagai pendorong yang legal di setiap kabupaten kota. Kalau destinasi wisata di masing-masing kabupaten kota itu ada, tapi yang kurang adalah SDM-nya,” kata Njau, Rabu (30/5/2024).

Ia melanjutkan, ketika nanti tour guide telah memiliki sertifikat tentu akan dapat profesionalitas dalam bekerja. Ditegaskan Njau, hal ini juga sejalan dengan visi misi Pemerintah Provinsi Kaltara untuk mendorong SDM Kaltara.

“Pak Gubernur terus mendorong kita untuk memajukan objek wisata di Kaltara lebih maju. Apalagi kalau kita lihat data objek wisata ada 300 lebih di Kaltara, baik alam, budaya dan buatan,” imbuh Njau.

Masing-masing kabupaten kota yang memiliki objek wisata juga memiliki keunggulan tersendiri. Seperti di Tarakan terdapat objek wisata alam, budaya maupun buatan. Sama halnya dengan Malinau, Tanjung Selor, Tana Tidung dan Nunukan.

“Kita tak hanya sampai sertifikasi saja, ke depan kita menata SDM. Kemudian menata destinasi baik dari penyusunan akses ke lokasi dan biaya yang murah. Kaltara ini kan yang dominan alam dan budaya, kita juga ada 11 etnis jadi benar-benar luar biasa,” bebernya.

Tahapan dalam sertifikasi kompetensi ini, pihaknya lebih dulu memberikan teori lalu ujian sertifikasi. Sertifikasi ini juga memberdayakan asesor dari Yogyakarta.

“Ini semuanya kita fasilitasi, dan dikerjakan di Bidang SDM,” pungkasnya. (adv)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1985 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *