Hujan Deras di Tarakan Akibatkan Longsor, Banjir dan Pohon Tumbang

benuanta.co.id, TARAKAN – Hujan deras yang mengguyur Kota Tarakan sepanjang hari menyebabkan tanah longsor, banjir serta pohon tumbang di sejumlah titik.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tarakan, Yonsep, Senin (27/5/2024). Ia mengungkapkan hujan yang terjadi sejak malam hari mengakibatkan longsor di tiga titik seperti Karang Anyar, Kampung Satu, dan Tanjung Batu.

“Yang terbanyak memang di Karang Anyar, di Kampung Satu yang nomor kedua dan di Tanjung Batu juga ada satu , dan kampung Enam ada dua kejadian,” ujarnya.

Baca Juga :  Pihak Bulog Angkat Suara Terkait Pengoplosan Beras SPHP

Ia menjelaskan pihak BPBD pengerjaan yang dilakukan mulai dari longsor mengakibatkan jebol, penutupan jalan, dan kemiringan yang mengakibatkan masyarakat.

Terkait penanganan pihaknya melakukan pengeluaran material untuk longsor yang merusak rumah warga dan untuk longsor yang menutupi jalan di semprot dengan air.

“Kalau untuk penanganan sementara dari BPBD terhadap kerusakan dindingnya jebol kita berikan terpal dan karung untuk sementara menahan longsor susulan,” jelasnya.

Baca Juga :  Langit Kaltara Mendung Berawan Sejak Pagi, Begini Kata BMKG

“Saya dalam setiap kesempatan menyampaikan atas nama pemerintah bahwa masyarakat yang tinggal di perbukitan harus hati-hati dengan kondisi cuaca sekarang karena curah hujannya cukup tinggi,” lanjutnya.

Selain tanah longsor terdapat juga pohon tumbang di empat titik yang sudah ditangani oleh masyarakat dan petugas. Banjir pun tak luput terjadi akibat hujan deras.

“Banjir kami pantau salah satu di Marconi karena tumpukan, kebetulan ketemunya pasang surut nah itu yang membuat banjir, genangan ini mengakibatkan mengakibatkan besarnya air naik ke permukaan yang datar seperti karang anyar dan markoni,” ungkapnya.

Baca Juga :  Cari Keadilan, Perwakilan Caleg Terpilih Dapil Tarakan Tengah Datangi DPRD Tarakan

“Untuk masyarakat yang tinggal di sana waspada dengan itu jangan sampai ada korban dan kerugian material,” pungkasnya.(*)

Reporter: Sunny Celine

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1926 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *